Perkuat Pengawasan Orang Asing, Divisi Imigrasi lakukan Giat Koordinasi Timpora

WhatsApp Image 2022 05 19 at 3.00.45 PM

Divisi Keimigrasian kantor wilayah kementerian hukum dan HAM NTT di bawah kepemimpinan Marciana D Jone, selaku kakanwil melakukan giat koordinasi tim pengawasan orang asing di kabupaten Manggarai, Rabu 18 Mei 2022. Kegiatan ini merupakan salah satu realisasi atas program kerja yang dicanangkan oleh Divisi Keimigrasian dengan tujuan melakukan pemantauan dan pengawasan langsung terhadap keberadaan dan aktivitas orang asing di wilayah Kabupaten Manggarai. 

Tim Divisi Keimigrasian yang diketuai oleh Esau M L Fanggi, selaku Kasubbid Informasi Keimigrasian bersama tiga staf Divisi Keimigrasian mengawali kegiatan dengan melakukan koordinasi bersama Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik  kabupaten Manggarai. Esau Fanggi mewakili Kepala Divisi Keimigrasian pada kesempatan pertama menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan koordinasi ini sebagai pembuka pertemuan tersebut. 

"Sebagai bentuk nyata dari pengawasan orang asing di wilayah Kabupaten Manggarai, Divisi Keimigrasian hadir langsung untuk melakukan koordinasi bersama instansi terkait termasuk di dalamnya Badan Kesatuan Bangsa dan Politik kabupaten Manggarai" ujar Esau. 

Dalam pertemuan ini terjadi pertukaran data informasi dari Kesbangpol dan Divisi terkait orang asing. Data yang diberikan oleh Kesbangpol menunjukkan bahwa Orang asing yang berada di wilayah Kabupaten Manggarai saat ini didominasi oleh WNA berkebangsaan Filipina dan Timor Leste dan  berprofesi sebagai Biarawan- Biarawati.  Selanjutnya dijelaskan bahwa Kesbangpol kabupaten Manggarai selalu melakukan pertukaran data informasi terkait keberadaan orang asing dengan Kantor Imigrasi Kelas III TPI Labuan Bajo yang merupakan Penasihat Tim Pengawasan Orang Asing di tingkat Kabupaten.

 Gondolpus B. Nggarang selaku Kepala Kesbangpol memberikan tanggapan positif mengingat akan pentingnya maksud dan tujuan dari kegiatan ini dalam hal pengawasan keberadaan dan aktivitas yang dilakukan oleh orang asing di wilayah Manggarai. 

"Koordinasi yang dilakukan ini tentu akan membawa dampak positif pada proses pengawasan akan keberadaan orang asing di wilayah Manggarai serta pada sisi lain menjadi momen untuk menguatkan sinergitas dan kerja sama antar instansi'', ujar Kepala Badan Kesbangpol Manggarai. 

Tim Divisi Keimigrasian selanjutnya melakukan kunjungan serta koordinasi langsung ke Rutan Ruteng. Terdapat satu orang asing yang menjadi Warga Binaan Pemasyarakatan yang sampai saat ini berada dalam pengamanan dan pengawasan penuh oleh Rutan Ruteng. Orang asing tersebut atas nama Mihail Staykov berkebangsaan Bulgaria ditahan dengan Kasus pencurian data menggunakan alat skimmer dengan masa penahanan selama tiga tahun subsider 6 bulan dan akan dibebaskan pada tanggal 7 bulan Juli mendatang. 

Kepala Sub Seksi Pengelolaan Rutan Ruteng, Paut Vitalis, mengatakan bahwa WNA yang di maksud akan di proses sesuai SOP yang berlaku setelah masa Tahanan orang asing tersebut berakhir.

WhatsApp Image 2022 05 19 at 3.00.45 PM 1

WhatsApp Image 2022 05 19 at 3.00.46 PM

WhatsApp Image 2022 05 19 at 3.00.47 PM


Cetak   E-mail