Monitoring 2 UPT Keimigrasian, Kakanwil : Utamakan Pelayanan, Disiplin, dan Kebersihan

WhatsApp_Image_2021-12-01_at_16.40.38.jpeg

Kupang - Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone melakukan monitoring pada dua UPT Keimigrasian di Kota Kupang, Rabu (1/12/2021). Masing-masing Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Kupang dan Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Kupang. Ada tiga hal yang ditekankan Kakanwil yakni utamakan pelayanan, disiplin, dan jaga kebersihan.

Di Kanim Kupang, Marciana memantau pelaksanaan pelayanan publik di salah satu UPT Keimigrasian tersebut. Satpam yang berada di garda terdepan diingatkan untuk menerapkan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun). Tamu yang datang agar disapa, ditanya keperluannya, kemudian dipandu mengisi buku tamu dan langsung diantarkan ke dalam.

"Di dalam kantor, Duta Layanan harus sudah siap menerima tamu yang datang," ujarnya.

WhatsApp_Image_2021-12-01_at_16.40.38_1.jpeg

Marciana menambahkan, Duta Layanan wajib mencatat identitas diri, alamat, dan nomor telepon tamu sebelum mengarahkan mereka pada layanan yang dituju. Agar tamu tidak kebingungan, papan petunjuk layanan dan alur-alur pelayanan semuanya harus dipasang di depan.

"Masalah kebersihan kantor juga harus menjadi perhatian di Kanim Kupang," imbuhnya.

Di Rudenim Kupang, Marciana mengingatkan seluruh jajaran agar meningkatkan disiplin PNS. Dimulai dari atasan yang harus menjadi role model. Seperti rajin mengikuti apel, tertib administrasi bila tidak masuk kantor karena ijin atau sakit, hingga tertib mengenakan pakaian dinas sesuai dengan hari pada saat itu. Ada reward dan punishment yang mesti diberlakukan untuk seluruh pegawai agar mau berubah ke arah lebih baik. Selain masalah kedisiplinan, Marciana juga meminta jajaran Rudenim Kupang untuk meningkatkan lagi kebersihan kantor dan memberikan pelayanan prima kepada para deteni.

WhatsApp_Image_2021-12-01_at_16.40.39.jpeg

WhatsApp_Image_2021-12-01_at_16.40.39_1.jpeg


Cetak   E-mail