Wujudkan Capaian Kinerja dan Realisasi Anggaran Sesuai Target Waktu, Tim Kanwil Monev ke Rutan SoE

IMG 20210923 WA0009

Humas Kanwil _ Dalam rangka pemantauan Pelaksanaan Program Kegiatan dan Anggaran serta capaian kinerja Triwulan III. Tim monev Kanwil Kementerian Hukum dan Ham NTT dari Bagian Program dan Humas khususnya Subag Program dan Pelaporan mengunjungi Rutan SoE, Kamis (23/09).

Mariana R. Manuhutu selaku Kabag Program dan Humas memimpin Monev didampingi Kasubag Program dan Pelaporan Hillon Pisca FoEs dan JFU Program dan Pelaporan yaitu Maria Aga, Rayneke Manoe, Yohanes Kumanireng dan Herdian Ichsan. 

IMG 20210923 WA0007

Dalam pertemuan yang berlangsung, di Ruang Aula Rutan bersama Ka Rutan dan jajarannya, Mariana Manuhutu menyampaikan terkait hal-hal yang harus dilaksanakan dalam mewujudkan capaian kinerja yang baik, yakni realisasi anggaran harus sesuai Target yang telah ditentukan dari pusat untuk setiap Triwulan, memaksimalkan penggunaan Sisumaker dalam setiap penyelesaian surat masuk keluar. Kemudian Website yang telah ada benar-benar dimanfaatkan sebagai pusat pemberitaan yang dapat dipantau oleh pusat sehingga kinerja yang dihasilkan dapat terukur pada Rutan Soe. 

Mariana juga menghimbau, dalam penilaian kinerja semua aplikasi yang ada hubungannya dengan capaian kinerja agar dapat dilaksanakan sebaik mungkin seperti aplikasi SMART, E-PERFORMANCE maupun E-MONEV Bappenas agar penilaian IKPA maupun SMART dapat terpenuhi nilai yang sangat baik. 

Ada juga aplikasi ASIKAN atau Apikasi Analisis Kebutuhan Anggaran yang merupakan Aplikasi baru dari Kementerian Hukum dan HAM, diharuskan semua anggaran yang diusulkan harus terupload dalam aplikasi ASIKAN. 

Merurutnya proses pemenuhan data dukung untuk penyusunan pagu anggaran, pengisian aplikasi SMART, e-monev Bappenas dan Aplikasi Asikan perlu benar-benar dipersiapkan. 

Kesempatan ini juga, Mariana berpesan kepada Tim ZI WBK Rutan Soe agar persiapkan semua data dukung ZI WBK-WBBM untuk menghadapi TPN terutama dalam area pelayanan publik responden harus benar-benar diperhatikan guna terwujudnya pelayanan publik yang bebas pungli maupun korupsi dari hasil penilaian responden tersebut.

IMG 20210923 WA0012

Kasubag Program dan Pelaporan, Hillon Pisca FoEs juga menyampaikan Terkait Penyusunan Pagu Anggaran TA 2022 diharapkan penyusunan mengacu pada jumlah anggaran volume Rincian Output (RO) dan postur anggaran TA 2022.

Kemudian, menyusun rencana penarikan dana dan kalender kerja dengan acuan target minimal pertriwulan adalah triwulan I 25℅, triwulan II 50℅, triwulan III 80℅ dan triwulan IV 100℅ serta memastikan pengalokasian anggaran lebih berkualitas (spending better).

Kepala Rutan SoE, Nixon Osingmahi sangat menyambut baik kedatangan tim, hal-hal yang telah disampaikan akan segera ditindaklanjuti. Ka. Rutan juga mengatakan pihaknya selalu dan sedang berusaha secara maksimal mewujudkan capaian kinerja yang lebih baik. 

IMG 20210923 WA0010

 


Cetak   E-mail