JELANG PELAKSANAAN SKB KESAMAPTAAN, KANWIL KEMENKUMHAM NTT GELAR RAPAT PERSIAPAN PANITIA

WhatsApp Image 2020 09 28 at 14.47.44

Kupang, (28/09/2020)_Pelaksanaan Tes CPNS Tahun Anggaran 2019 kualifikasi pendidikan SLTA/sederajat di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM akhirnya memasuki tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Kesamaptaan. Guna persiapan pelaksanaan seleksi kesamaptaan tersebut, Kanwil Kemenkumham NTT pagi tadi tepat pukul 08.00 Wita  menggelar rapat panitia bertempat di Ruang Multifungsi. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Kakanwil, Marciana Dominika Jone, didampingi Kadiv Administrasi, Piet Bukorsyom selaku Ketua Panitia Pelaksanaan Tes CPNS Kanwil NTT, Kadiv Pemasyarakatan, Mulyadi yang dipercayakan sebagai Koordinator Seleksi Kesamaptaan, Kadiv Keimigrasian, Amrizal, Kabag Umum, Muhamad Rusli Hadi selaku Sekretaris Panitia, bersama para panitia yang berasal dari Kanwil dan beberapa UPT di Kota Kupang.

Dalam rapat tersebut dibahas berbagai hal yaitu terkait pembagian tugas pendamping dan anggota dalam SKB Kesamaptaan. Kakanwil Marciana, dalam arahannya menyampaikan agar panitia yang terlibat harus bekerja secara profesional dan bertanggung jawab. “Para panitia yang sudah dibagi dalam posisi dan tugasnya masing-masing sebagaimana tertuang dalam SK Kakanwil, memiliki peran yang krusial sehingga harap diperhatikan baik-baik tiap tahapan pelaksanaan mulai dari bagian registrasi sampai pelaksanaan Kesamaptaan A dan B. Mengingat Tes Kesamaptaan ini dilaksanakan ditengah Pandemi Covid-19 sehingga perlu diperhatikan segala hal yang sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan, seperti mengatur jarak dan menyiapkan sarana dan prasarana penunjang, seperti masker, alat pengukur suhu tubuh, hand sanitizer, air dan sabun cuci tangan, cairan disinfektan. Harus diperhatikan juga keamanan, kenyamanan, dan ketertiban mengingat banyaknya jumlah peserta yang masuk dalam SKB ini. Jangan lupa bersikap ramah kepada semua dengan tetap menerapkan 5S : Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun,” ujar Marciana.

Senada dengan Kakanwil, Piet Bukorsyom selaku Ketua Panitia berharap juga agar seluruh panitia dapat bertanggungjawab dengan tugas yang sudah diberikan dalam dan dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada para peserta seleksi SKB nantinya. “Dalam pelaksanaan seleksi kesamaptaan ini, personil dari Polda NTT akan menjadi Panitia Penguji yang turut didampingi para Panitia dari Kanwil sebagai Pendamping pada tiap tahapan seleksi,” terang Bukorsyom.

WhatsApp Image 2020 09 28 at 14.47.42 3

Selain itu, Kadiv Pemasyarakatan, Mulyadi sebagai Koordinator pelaksanaan SKB Kesamaptaan ini mengingatkan juga terkait kesiapan panitia. “Kota Kupang saat ini memasuki cuaca panas yang cukup ekstrim sehingga perlu kita antisipasi dengan menyiapkan tabung oksigen, coolbox berisi es batu, dan fasilitas ambulans untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin bisa saja terjadi pada para peserta,” imbuh Mulyadi yang turut hadir di sela-sela kesibukan mengikuti Diklatpim II.

WhatsApp Image 2020 09 28 at 14.47.42 2

Di akhir kegiatan, Kabag Umum selaku Sekretaris Panitia menyampaikan bahwa seusai apel sore akan dilaksanakan simulasi terkait proses SKB Kesamaptaan besok, untuk menemukan kendala yang mungkin dihadapi di lapangan agar secepatnya dapat diminimalisir dan diatasi, demi untuk kelancaran seluruh prosesnya. Beliau juga menambahkan bahwa nantinya akan di siapkan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam seleksi SKB tersebut.

Adapun SKB Kesamaptaan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT akan dilaksanakan pada tanggal 29-30 September 2020 besok, bertempat di GOR Oepoi tepat pukul 06.00 Wita dengan total jumlah peserta SKB Kesamaptaan 226 orang pada hari pertama dan 225 orang pada hari kedua. Pada hari kedua juga akan dilaksanakan Seleksi Kesamaptaan untuk para catar Poltekip dan Poltekip sebanyak 14 orang.

WhatsApp Image 2020 09 28 at 14.47.41 1

WhatsApp Image 2020 09 28 at 14.47.42 4

WhatsApp Image 2020 09 28 at 14.47.43


Cetak   E-mail