Kanwil Kemenkumham NTT melaksanakan Rekonsiliasi Laporan Keuangan Semester I Tahun 2020 secara virtual

IAN_4717.jpg

Bertempat di aula Kanwil Kemenkumham NTT, Kepala Bagian Umum Kanwil Kemenkumham NTT, M. Rusli Syamsul Hadi yang didampingi oleh Kasubag Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Negara, Yohanis Bely membuka secara resmi kegiatan Rekonsiliasi Penyusunan Laporan Keuangan dan Pemutakhiran data BMN tingkat wilayah Semester I Tahun 2020, diikuti oleh Biro Keuangan Sekjen, Anna dan seluruh operator SAIBA dan SIMAK-BMN dari 27 Satuan Kerja termasuk Kanwil.

Dalam sambutannya, M. Rusli berharap menyampaikan kepada seluruh operator bahwa kegiatan ini harus diikuti dengan serius dan jujur. “Rekonsiliasi kali ini adalah rekonsiliasi yang dilakukan secara virtual, walaupun pelaksanaan dilakukan secara virtual, saya berharap kegiatan ini dapat berjalan dan menghasilkan laporan BMN yang baik. Untuk para operator di satuan kerja agar dapat mengikuti kegiatan rekonsiliasi ini dengan serius dan jujur dalam memberikan keterangan agar pelaksanaan dapat berjalan dengan baik”

IAN_4756.jpg

Kegiatan Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan Semester I Tahun Anggaran 2020 ini diselenggarakan dengan metode menyatukan dan mencocokkan laporan keuangan berupa neraca keuangan, neraca barang, laporan perubahan ekuitas, laporan operasional dan laporan realisasi anggaran. Hal ini merupakan salah satu upaya konkrit untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara dengan penyampaian laporan pertanggungjawaban keuangan pemerintah yang tepat waktu, laporan keuangan merupakan wujud pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran yang dikelola oleh instansi pemerintah sebagaimana diamanatkan undang-undang nomor 17 tahun 2003 tentang keuangan negara yang harus disusun secara akurat, transparan, akuntabel dan tepat waktu berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP).

IAN_4730.jpg

IAN_4738.jpg

 


Cetak   E-mail