Tingkatkan Pemahaman Masyarakat akan Kinerja Kanwil Kemenkumham, TVRI NTT Gelar Dialog Interaktif

Kupang-Kanwil Kemenkumham NTT bekerja sama dengan TVRI menyelenggarakan dialog interaktif dengan tema : "Kinerja Kanwil Kemenkumham NTT" disiarkan secara langsung oleh TVRI NTT, pukul 19.00 Wita. (Rabu, 19 Juli 2017). 

Sebagai narasumber dalam acara tersebut adalah Kabag Program dan Pelaporan, Mariana R. Manuhutu selaku Pelaksana Harian (Plh) Kakanwil Kemenkumham NTT.

Dalam acara yang berlangsung selama 1 jam tersebut, Mariana menyampaikan tugas pokok dan fungsi Kanwil Kemenkumham NTT yang terbagi dalam 4 Divisi, yaitu : Divisi Administrasi, Divisi Pemasyarakatan, Divisi Keimigrasian, dan Divisi Pelayanan Hukum dan HAM dan dilakukan dialog dengan pemirsa televisi melalui telepon.

Diuraikan pula peran instansi Kanwil Kemenkumham NTT melalui Unit Pemberantasan Pungli dalam memberantas praktek pungli oleh ASN di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT.

"Pimpinan kami (Kakanwil dan Para Kadiv) selalu melakukan sidak di UPT yang ada pelayanan publik, seperti : Lapas/Rutan maupun Kantor Imigrasi dan bertanya langsung kepada napi maupun masyarakat yang mengalami pelayanan publik, apakah ada petugas yang melakukan pungli. Hasilnya, hingga saat ini belum ada laporan/pengaduan masyarakat terkait hal tersebut" ujar Mariana.

Ditambahkan Mariana, agar masyarakat lebih kritis terhadap kinerja pelayanan publik di jajaran Kanwil Kemenkumham NTT. "Apabila pemirsa mengalami praktek pungli oleh petugas kami, jangan segan untuk melapor melalui Aplikasi LAPOR, website ntt.kemenkumham.go.id maupun datang langsung ke Kanwil Kemenkumham NTT" tambah Mariana.

Pantauan humas, dialog interaktif ini lebih banyak menanyakan tentang penerimaan CPNS Kemenkumham pada beberapa waktu yang akan datang.

Terkait penerimaan CPNS, Mariana memastikan bahwa setiap tahapan seleksi akan berlangsung secara transparan dan akuntabel. "Semenjak sistem CAT (Computer Assisted Test) diselenggarakan memang semua persepsi mengenai tindak korupsi/sogokan menutup kesempatan bagi oknum yang berniat mencari keuntungan pribadi. Bagaimana mau manipulasi jika nilai yang diperoleh peserta ujian langsung bisa dilihat beberapa detik saat selesai mengerjakan soal tes CPNS sewaktu pelaksanaan tes seleksi yang diselenggarakan. Selanjutnya sudah ada juga passing grade yang menjadi ukuran nilai dalam menentukan siapa saja nantinya yang akan diseleksi kembali melalui perangkingan berdasarkan semua peserta yang lulus dalam ambang batas nilai tersebut.

Di akhir dialog, Mariana menjelaskan tentang Tata Nilai Kami PASTI. "Dengan slogan Kami PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif) menjadi pemantik semangat bagi seluruh jajaran Kemenkumham untuk berupaya optimal dalam pencapaian tujuan organisasi.

IMG 20170719 WA0045

IMG 20170719 WA0046

 


Cetak   E-mail