Tingkatkan Skill Kemandirian Lewat Program Pembinaan, Maliki Buka kegiatan pelatihan dan Pembinaan Kemandirian di Lapas Kalabahi

7a0d9eb6 1eb1 48ee b208 82730c3a42d3

Kalabahi-Dalam rangka meningkatkan Pengawasan terhadap pembinaan narapidana di Lapas dan Rutan, Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham NTT melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Pembinaan narapidana di Lapas kelas IIB Kalabahi, Kamis (02/05/2024).

Dibawah Kepemimpinan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT Marciana Dominika Jone, Kepala Divisi Pemasyarakatan Maliki, didampingi Kepala Lapas Kelas IIB Alor Yusuf Gunawan, langsung meninjau seluruh kegiatan pembinaan yang ada pada Lapas Kelas IIB Kalabahi.

69eeb95c dff3 4a4d a9e3 b27502ec0acd

Pada kesempatan yang sama Kepala Divisi Pemasyarakatan membuka kegiatan pelatihan dan Pembinaan Kemandirian yang oleh dilaksanakan oleh Lapas Kelas IIB Kalabahi bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Alor dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Alor.

Dalam sambutannya Maliki meengapresiasi jajaran Lapas Kelas IIB Kalabahi karena kegiatan ini sangat berdampak positif kepada seluruh WBP yang mengikuti pelatihan tersebut.

"Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan pembinaan kemandirian bagi warga binaan agar mereka mempunyai keahlian/keterampilan (life skill) sehingga bisa diterapkan ketika di masyarakat nanti", ujar Maliki.

85d3fd74 b757 4321 b2ec 2f70bb5a80bd

Dalam kesempatan ini pula, Maliki berpesan kepada para peserta agar memanfaatkan pelatihan dengan semaksimal mungkin dan benar-benar menyerap ilmu yang diberikan para instruktur dengan baik.

Selanjutnya Maliki menyampaikan Lembaga pemasyarakatan sebagai salah satu wadah pembinaan narapidana juga berfungsi sebagai lembaga pendidikan yang dapat meningkatkan nilai tambah bagi narapidana dengan memberikan program pembinaan kerohanian dan kemandirian, berupa pelatihan berbagai keterampilan dan bimbingan kerohanian sebagai bekal bagi narapidana untuk kembali ke masyarakat.

87aae330 d9a3 4d6e ac2e 26da0dfba5d6

“Agar terjadi perubahan yang signifikan baik dari sikap maupun tingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat maka perlu dilakukan pembinaan kemandirian berupa pelatihan keterampilan, pelatihan kerja mandiri.” Ucap Maliki.

Maliki juga menambahkan bahwa jajarannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Alor Khususnya Kepala Dinas Pertanan dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atas sumbangsih kepada Lapas Kalabahi dalam membantu melaksanakan pelatihan dan pembinaan kemandirian ini.


Cetak   E-mail