Dukung Pengamanan dan Pengelolaan BMN, Kadivmin NTT Kunjungi Rutan Ruteng dan BPN Manggarai

foto giat pertanahan manggarai 2

Ruteng - Dukung pengamanan BMN, Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian dan HAM NTT, Rakhmat Renaldy bersama tim Kanwil mengunjungi Rutan Kelas IIB Ruteng, Jumat (19/04/2024).

Pada kesempatan ini Kadiv Admin mengunjungi Rumah Tahanan Kelas IIB Ruteng untuk menindaklanjuti pengamanan BMN, meninjau sarana prasarana blok hunian, dapur, tempat kegiatan kerja, serta ruang pelayanan kepada WBP.

Adapun dari hasil kunjungan ini, terdapat banyak hal yang masih harus ditingkatkan yakni peremajaan sarana prasarana (sarpas), terutama kondisi gedung perkantoran yg sudah mengalami kerusakan dan perlu dilakukan pembangunan gedung baru.

foto cek kondisi ruteng 3

foto cek kondisi ruteng 2

Renaldy mengharapkan adanya koordinasi secara aktif dari Rutan kelas IIB Ruteng bersama tim koordinator BMN Wilayah terkait rencana pengadaan sarpras dan pembangunan gedung kantor. Hal ini menjadi perhatian serius agar dapat menunjang kenyamanan dan keamanan para pegawai menjalankan tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM yang profesional dan berintegritas.

foto cek kondisi rutan ruteng

Kadivmin juga menyempatkan untuk berdialog langsung dengan WBP terkait pelayanan dan hak-hak WBP, seperti telah mendapatkan pendidikan dan pengajaran serta perawatan dari sisi rohani maupun jasmani. Selain itu, memastikan WBP telah mendapatkan pelayanan kesehatan dan makanan yang layak.

"Kementerian Hukum dan HAM senantiasa memberikan pelayanan terbaik dan berikan hak-hak bagi Warga Binaan Pemasyarakatan,"ujar Renaldy.

foto kadivmin pantau wbp

Dalam agenda kedua, dalam rangka mendukung pengamanan BMN Rutan Kelas IIB Ruteng, Kadivmin mewakili Kepala Kantor Wilayah, Marciana Dominika Jone melakukan koordinasi dengan Lurah Mbaumuku Kecamatan Langke Rembong,  Jerry, terkait dukungan dalam proses pengurusan sertifikat tanah BMN Rutan Kelas IIB Ruteng yang berlokasi di Jalan Motang Roa-Ruteng.

foto depan kelurahan mbaumuku

Renaldy juga meninjau langsung lokasi tanah serta bangunan bekas Rutan lama, memberikan arahan untuk mengembangkan lokasi tersebut untuk mendorong pemanfaatan BMN agar nantinya dapat meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

foto kadivmin cek tanah

Lebih lanjut, Tim Kanwil dibawah pimpinan Kadivmin juga melakukan koordinasi dengan Kantah/BPN Kabupaten Manggarai dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Survey dan Pemetaan, Frengky Obije Keimalay serta Kepala Seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran, Herman Ignatius Julisaisar. Koordinasi ini berkaitan dengan pendaftaran sertipikat tanah yang meliputi Pengukuran Pemetaan Kadastral, Pemeriksaan Tanah, dan Pendaftaran SK atas tanah Rutan Kelas IIB Ruteng.

foto bersama kantor pertanahan ruteng 2

 


Cetak   E-mail