Wujudkan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik , Kanwil Kemenkumham NTT Gandeng Bank BNI Cabang Kupang Sosialisasikan Budaya Pelayanan Prima

IMG 20230615 WA0014

Kupang - Sebagai wujud nyata membangun budaya pelayanan prima, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Tenggara Timur (Kanwil Kemenkumham NTT)  dibawah pimpinan Marciana Dominika Jone menyelenggarakan Sosialisasi Pelatihan Peningkatan Budaya Pelayanan Prima di Aula Kantor Wilayah, Kamis (15/06/2023). Kegiatan yang diikuti ASN dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) ini menghadirkan narasumber dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Kupang.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur, I Gusti Putu Milawati menyampaikan kata sambutan mewakili Kepala Kantor Wilayah. Dalam sambutannya Milawati menyampaikan terimakasih kepada tim dari BNI Kantor Cabang Kupang yang berkenan hadir sebagai narasumber.

Lebih lanjut, disampaikan pula kegiatan yang diadakan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik yang prima oleh ASN dan PPNPN di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT kepada masyarakat. 

 IMG 20230615 WA0011

“Sebagai perpanjangan tangan Kementerian Hukum dan HAM di daerah kita tentu memiliki tugas dan fungsi yang utamanya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat, oleh karena itu diharapkan melalui kegiatan sosialisasi ini seluruh ASN dan juga PPNPN yang hadir bisa mengikuti dengan baik agar dapat diterapkan saat memberikan pelayanan kepada masyarakat nantinya”, ujarnya.

 

Selanjutnya dalam pemaparan materi yang dibawakan oleh Leda Paloga selaku Asisten Kasir PUT 1. Leda mengatakan dalam memberikan sebuah pelayanan ada 3 hal yang perlu diperhatikan yaitu, sikap mengawali layanan, sikap selama melayani dan sikap mengakhiri layanan. Dalam mengawali layanan seorang pemberi layanan harus menunjukan sikap yang baik seperti berdiri dan tersenyum kemudian memberikan salam dan menawarkan bantuan kepada orang yang dilayani tersebut.

 Leda melanjutkan selama melayani tatapan mata juga penting untuk menunjukan rasa antusiasme serta pemberi layanan juga harus fokus pada orang yang sedang dilayani tersebut. Selain itu saat mengakhiri sebuah layanan kita juga harus menawarkan bantuan lainnya kemudian tidak lupa mengucapkan terimakasih dan salam kepada orang yang dilayani tersebut.

 IMG 20230615 WA0018

Kemudian pemaparan dilanjutkan oleh Leonard S. B. Pingak selaku Penyelia PUT 1 BNI Cabang Kupang, terkait Penanganan Komplain. Dikatakan Leonard komplain terjadi apabila adanya gap antara harapan customer dengan kenyataan kinerja pelayanan yang diberikan oleh sebuah institusi dan apabila gap tersebut di luar batas toleransi customer. Ia mengatakan bahawa yang terpenting dalam menyikapi komplain adalah dengan bersikap positif.

 “Saat kita menerima komplain, kita harus menyikapi hal tersebut dengan bersikap positif karena komplain tersebut bisa saja menjadi sesuatu yang membangun untuk kita” katanya.

IMG 20230615 WA0016

 Untuk itu ia mengatakan bahwa komplain tersebut harus diterima sebagai hal yang wajar karena komplain merupakan hak dari setiap orang. Namun komplain juga perlu ditangani agar komplain tersebut tidak menjadi masalah yang lebih besar. Ia menambahkan agar sebagai pemberi layanan harus mempelajari komplain tersebut untuk menemukan permasalahan yang sebenarnya sehingga menjadi hal yang membangun kedepannya. 

 Kegiatan ditutup dengan peragaan atau roleplay yang dilakukan oleh narasumber untuk memberikan gambaran nyata kepada ASN dan PPNPN Kanwil Kemenkumham NTT bagaimana pelaksanaan pelayanan yang dilakukan oleh Bank BNI kepada nasabahnya. Dengan demikian diharapkan melalui kegiatan tersebut tidak hanya dengan pemaparan materi tetapi juga dengan peragaan yang dilakukan bisa memberikan masukan kepada seluruh ASN dan PPNPN yang bertugas di Kanwil Kemenkumham NTT untuk terus memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh penerima layanan.

IMG 20230615 WA0013

IMG 20230615 WA0019


Cetak   E-mail