Kemenkumham NTT Persiapkan Sejumlah Agenda Peringati HBP ke-59

WhatsApp_Image_2023-04-12_at_18.00.34.jpeg

Kupang - Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone memimpin Rapat Persiapan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 Tahun 2023 di Ruang Multi Fungsi, Rabu (12/4/2023). Rapat diikuti Kepala Divisi Pemasyarakatan, Maliki, Plh. Kepala Divisi Administrasi, M. Wahab Marawali, serta Ketua Panitia Penyelenggara HBP ke-59, Idam Wahju Kuntjoro dan Koordinator Seksi-Seksi, termasuk di dalamnya para Kepala UPT se-Kota Kupang.

Rapat utamanya membahas lima agenda utama yang akan dilaksanakan untuk memperingati HBP ke-59. Diantaranya, Bakti Sosial, Upacara HBP, acara ramah tamah, dan acara syukuran. Agenda terdekat yakni Bakti Sosial akan dilaksanakan pada Jumat, 14 April 2023 melibatkan jajaran Kantor Wilayah, serta UPT Pemasyarakatan dan Keimigrasian.

Menurut Marciana, Bakti Sosial akan difokuskan pada daerah-daerah 3T (Terluar, Terisolir, Terpencil). Khusus Kanwil dan UPT se-Kota Kupang nantinya menyasar masyarakat tidak mampu di wilayah Kota Kupang dan Kabupaten Kupang. Seluruh bantuan dikumpulkan dari sumbangan sukarela para pegawai.

“Bantuan agar diserahkan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” ujarnya.

Marciana juga meminta kegiatan Bakti Sosial turut melibatkan tenaga kesehatan di UPT untuk memberikan pelayanan kesehatan apabila ditemukan masyarakat yang sakit pada saat berkeliling menyerahkan bantuan. Selain masyarakat tidak mampu, bantuan juga akan diserahkan kepada para Purnabakti.

Sementara itu, untuk Upacara HBP, acara ramah tamah, dan syukuran akan dilaksanakan pada Kamis, 4 Mei 2023 mendatang di Kantor Wilayah. Kegiatan ini akan mengundang mitra kerja dan stakeholder terkait seperti Forkopimda, BNN Provinsi NTT, Ombudsman RI Perwakilan NTT, BINDA, serta media massa.

Selain 4 agenda tersebut, Marciana juga meminta jajaran panitia untuk mempersiapkan dengan baik kegiatan Pameran Hasil Karya Narapidana dan One Day’s One Prisons Product. Seluruh jajaran ASN di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT dan UPT juga diajak untuk turut serta mensukseskan seluruh rangkaian kegiatan HBP ke-59.

Saat ini juga tengah berjalan kegiatan pendukung lainnya untuk memeriahkan HBP ke-59 Tahun 2023 seperti turnamen voli dan lomba menulis opini populer (essai). Beberapa kegiatan bahkan telah selesai dilaksanakan seperti donor darah, turnamen catur, lomba MTQ Warga Binaan, dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan. Sejumlah UPT Pemasyarakatan juga berpartisipasi dalam lomba Film Pendek di tingkat pusat. (Humas/rin)


Cetak   E-mail