Marciana Ingatkan Jajaran Rutan Soe Unggah Data Dukung LKE ZI Tepat Waktu

IMG 20230401 194843

Soe - Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone melaksanakan kunjungan kerja di Rutan Kelas IIB Soe, Sabtu (1/4/2023). Marciana utamanya memberikan penguatan terkait Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani kepada seluruh jajaran Rutan Soe. Di sela-sela kunjungannya, Marciana juga menyempatkan untuk berdialog dengan para tahanan yang baru masuk. 

Terkait dengan Pembangunan Zona Integritas, Marciana meminta seluruh jajaran Rutan Soe khususnya Tim Pokja untuk mempelajari dengan baik segala data dukung yang dibutuhkan di dalam Lembar Kerja Evaluasi Zona Integritas (LKE ZI). 

"Pastikan untuk mengunggah data dukung pada aplikasi ERB sesuai dengan waktu yang telah ditentukan," ujarnya.

IMG 20230401 WA0022

Namun demikian, lanjut Marciana, pemahaman mengenai enam area perubahan di dalam Pembangunan Zona Integritas harus dimiliki oleh para pimpinan dan seluruh pegawai di Rutan Soe atau tidak hanya sebatas pada Tim Pokja saja. Mulai dari area Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan, hingga Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. 

Pada area Manajemen Perubahan, jajaran Rutan Soe harus membangun pola pikir bekerja dengan hati serta menjunjung tinggi disiplin, kejujuran, dan komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan SOP dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Bekerja sesuai dengan prosedur baik dan tepat, serta bersumber dari peraturan yang sudah ada juga merupakan bagian dari implementasi area Penataan Tatalaksana. 

IMG 20230401 WA0020

Pada area Penataan Manajemen SDM, agar dilaksanakan corporate university dimana jajaran Rutan Soe tidak berhenti untuk belajar dan meningkatkan kompetensi. Pada area Penguatan Akuntabilitas Kinerja, dapat diwujudkan melalui pelaksanaan target kinerja dengan pertanggungjawaban yang akuntabel. Untuk area Penguatan Pengawasan, harus ditunjukkan melalui komitmen mewujudkan pelayanan tanpa adanya pungli dan gratifikasi. 

"Terakhir, wujudkan birokrasi Kemenkumham yang melayani pada area Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Dimana Pembangunan Zona Integritas harus sudah tergambar mulai dari pintu masuk. Buat terobosan dan inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada WBP dan masyarakat," jelasnya. 

Hal lainnya, Marciana kembali mengingatkan pesan Presiden RI Joko Widodo agar para ASN menerapkan pola hidup sederhana. ASN tidak boleh jumawa, dilarang pamer kekuasaan dan kekayaan, serta tidak boleh bergaya hidup mewah. Baik itu dalam kehidupan sehari-hari, maupun saat bermedia sosial. Media sosial juga harus digunakan dengan bijak dalam menyikapi tahun politik, dimana ASN wajib untuk menjunjung tinggi netralitas. 

IMG 20230401 194718

Selanjutnya pada saat berdialog dengan para tahanan yang baru masuk, Marciana memastikan apakah mereka sudah mendapatkan bantuan hukum atau belum. Bagi tahanan yang tidak mampu, telah disediakan bantuan hukum gratis kerja sama Kanwil Kemenkumham NTT dengan organisasi bantuan hukum terakreditasi melalui keberadaan Pos Bantuan Hukum di Rutan. 

Sementara itu, Kepala Rutan Soe, Nixon G.L. Osingmahi melaporkan terkait pemenuhan hak warga binaan khususnya pelayanan kesehatan. Dikatakan, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi warga binaan, termasuk warga binaan yang belum tercover BPJS Kesehatan. (Humas/rin) 

 


Cetak   E-mail