Seluruh ASN Rutan Larantuka Harus Bahu Membahu Wujudkan Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM

IMG 20230223 WA0045

Kepala Bidang HAM, Mustafa Beleng memberikan penguatan tentang Pembangunan Zona Integritas (ZI) kepada pegawai Rutan Kelas IIB Larantuka di Aula Rutan, Kamis (23/2/2023). Mustafa menguraikan secara rinci mengenai konsep Zona Integritas dan tahapan untuk sebuah satuan kerja bisa meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Hal ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 11 Tahun 2022 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. 

"Tahapan saat ini adalah Pembangunan Zona Integritas dengan fokus pada enam area perubahan yakni Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Manajemen Sumber Daya Manusia, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik," ujar Mustafa didampingi Kepala Rutan Larantuka, Wahyu Budi Heriyanto. 

Sebagai langkah awal, lanjut Mustafa, dilaksanakan pembentukan Tim Kerja pada enam area perubahan tersebut. Setelah terbentuk, Tim Kerja kemudian mulai bergerak untuk menyusun rencana aksi dan target prioritas. Pegawai yang tidak masuk di dalam Tim Kerja diharapkan tetap membantu pemenuhan data dukung pada enam area perubahan. 

IMG 20230223 WA0047

"Jika Rutan Larantuka akhirnya bisa meraih predikat WBK, maka keluarannya adalah satuan kerja tersebut dan seluruh pegawainya karena telah berkomitmen mewujudkan WBK," jelasnya. 

Mustafa menambahkan, jangan sampai ada diantara pegawai Rutan Larantuka yang bersikap apatis terhadap Pembangunan Zona Integritas walaupun tidak masuk di dalam Tim Kerja. Mengingat, efektivitas Zona Integritas sangat ditentukan oleh komitmen pimpinan dan seluruh jajaran pegawai di dalamnya. Oleh karena itu, seluruh jajaran ASN Rutan Larantuka harus bahu membahu mewujudkan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM.

"Rutan Larantuka pada tahun 2022 yang lalu sudah masuk dalam tahapan penilaian di TPI sehingga perlu dilakukan identifikasi dan evaluasi kembali dimana saja terdapat kekurangannya sehingga masing-masing Tim Kerja bisa mempersiapkan rencana aksi dan data dukung dengan sebaik-baiknya," paparnya. 

Menurut Mustafa, antara kegiatan dan data dukung agar saling berhubungan sehingga tahun 2023 Rutan Larantuka bisa meraih WBK.

IMG 20230223 WA0048


Cetak   E-mail