LPKA KUPANG GELAR PENYULUHAN DAN SKRINING TB

lpka193191

Kupang - Memperingati hari Tuberkulosis sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret 2019 Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Kupang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Kupang menggelar Penyuluhan dan Skrining Tuberkulosis (TB) kepada Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) serta pengunjung LPKA yang dilaksanakan di gedung aula LPKA, Selasa (19/03).

Dalam kegiatan yang dimulai pada 09.00 WITA ini selain diikuti oleh para Andikpas, hadir pula Kepala Seksi Pembinaan LPKA Abusalim dan Kepala Seksi Perawatan Ridwan Roga serta petugas kesehatan LPKA. Kegiatan dibuka oleh Kepala Seksi Pembinaan Abusalim dilanjutkan dengan paparan materi oleh staf dari Puskesmas Oesapa dan Dinas Kesehatan tentang penyakit Tuberkulosis dan dilanjutkan dengan kegiatan skrining kepada Andikpas.

lpka193192

Dalam sambutannya Abusalim menegaskan pada saat ini informasi dan pemeriksaan kesehatan begitu penting khususnya dari para petugas kesehatan, sehingga pada kegiatan penyuluhan dan skrining ini benar-benar harus dimaksimalkan dengan baik untuk peningkatan kesehatan Andikpas. “Anak-anak ku sekalian Penyuluhan kesehatan seperti ini adalah informasi yang penting dan mahal, jadi ikuti dengan baik jika ada pertanyaan langsung tanyakan”

Selain penyuluhan kesehatan pada kegiatan kali ini dilaksanakan juga skrining kepada Andikpas. Skrining dilakukan oleh Lambertus Nubi Petugas Kesehatan dari Puskesmas Oesapa untuk memeriksa dan mengetahui keadaan kesehatan Andikpas khususnya yang berkaitan dengan penyakit TB. Hasilnya selain satu orang Andikpas yang sebelumnya memang telah terdiagnosa mengalami TB dan dalam masa pengobatan tidak ditemukan keluhan dan tanda-tanda TB dari Andikpas yang lain. “hasilnya aman pak, tidak ada keluhan dan tanda-tanda yang menjurus ke TB, tapi ada beberapa dari mereka yang mengeluh sakit telinga, sakit kepala dan batuk mungkin itu yang perlu diperhatikan” tegas Lambertus Nubi.

lpka193193


Cetak   E-mail