LEBARAN, SILAHTURAHMI KELUARGA DAN WBP DI RUMAH TAHANAN (RUTAN) KELAS IIB KUPANG

rutan kupang sholat ied bersama

Sejak pukul 05.30 WITA warga binaan pemasyarakatan Rutan Kelas IIB Kupang yang beragama Islam sudah mulai mempersiapkan diri dan peralatan shalat karena tepat pukul 06.00 Wita adalah pelaksanaan Shalat Idul Fitri.

Shalat  idul fitri yang berlangsung di Masjid Al -Ikhlas Rutan Kupang, berjalan dengan khitmat , Diawali dengan shalat bersama sebanyak 2 Rakaat dipimpin oleh Abdullah Syahrul. Dalam khotbahnya yang bertemakan Bagaimana pembentukan Akhlak Kulkarimah dan pembinaan mental masyarakat umum dan pada khususnya untk WBP. Abdulah menyampaikan agar para WBP yang ada  dapat berperilaku dengan baik dan soleh sesuai dengan di Ajarkan dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah, sehingga ketika keluar dari Rutan para wbp mempunyai perilaku yg baik dan dapat diterima oleh masyarakat. Para WBP juga diingatkan untuk tetap menjaga kerukunan hidup bersama dengan penuh toleransi dengan WBP lainnya  dalam Rutan. Sholat idul fitri  ini Juga di hadiri oleh WBP dari Lembaga Pemasyarakat Wanita Kelas III Kupang dan di awasi langsung oleh PLT.Ka Lapas Wanita Yustina Lema.

Para warga binaan tampak bahagia karena pihak keluarga juga turut hadir dalam shalat  idul fitri di masjid Rutan Kupang.
Kepala Rutan Kupang Edwar Hadi, bersama Ka. KPR Agung Kurniawan juga tampak hadir melaksanakan sholat idul fitri bersama dengan WBP. Dalam keterangannya Kepala Rutan Kupang menyampaikan bahwa Pelaksanaan sholat idul fitri ini sebagai bentuk Komitmennya terhadap pemenuhan hak hak warga binaan salah satunya adalah Hak untuk beribadah sesuai dengan kepercayaan setiap WBP.

Adi Nugroho salah satu warga binaan pada Rutan Kupang, mengaku sangat mengapresiasi pihak Rutan yang selama ini sangat mendukung penuh kegiatan pembinaan kerohanian bagi WBP, dia juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran Rutan Kupang yang telah memberikan kesempatan bagi keluarganya untuk bisa sholat bersama di moment yang penuh makna ini.

Acara yang diakhiri yang Ramah Tamah bersama ini, berjalan dengan aman dan tertib berkat kerja sama yang kompak dari seluruh pegawai Rutan Kupang, dimana para pegawai staf juga ikut melaksanakan piket hari raya guna membantu satuan regu pengamanan dalam menjaga tertibnya kegiatan ini karena shalat hari ini bertepatan dengan pelaksaan ibadah minggu bagi WBP yang beragama Kristen dan juga di hadiri oleh pihak keluarga sehingga di perlukan pengamanan ekstra.

Kontributor: Frangkly Kana


Cetak   E-mail