Momentum Wujudkan Pemasyarakatan PASTI Berdampak, Lapas Baa Gelar Upacara Peringatan HBP Ke-60

IMG 20240427 WA0011

Ba’a. Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Baa yang merupakan UPT Pemasyarakatan dibawah naungan kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur pimpinan Marciana D. Jone menggelar Upacara dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60, Sabtu (27/04/2024).

Bertempat di lapangan upacara Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Baa, upacara ini diikuti oleh seluruh jajaran Pegawai, Dharma Wanita dan perwakilan Warga Binaan serta dipimpin oleh Kepala Subseksi Pembinaan, Anwar Oli.

Dalam sambutannya yang membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, Anwar menyampaikan bahwa peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 dengan tema "Pemasyarakatan PASTI Berdampak" bukanlah kegiatan seremonial semata, tetapi merupakan wujud komitmen untuk menjawab berbagai tantangan kedepan yang selaras dengan arah dan tujuan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang Kitab Undang-undang Hukum Pidana.

IMG 20240427 WA0006

“27 April 1964 sampai dengan 27 April 2024 bukanlah suatu perjalanan yang singkat. 60 tahun umur pemasyarakatan saat ini merupakan perjalanan panjang yang telah dilewati menjadi landasan untuk kita mempersiapkan langkah-langkah kedepan dalam menghadapi perkembangan dinamika pidana di Indonesia. Pemasyarakatan harus memastikan kehadirannya sebagai bagian subsistem peradilan pidana yang mengawal dari tahap pra-ajudikasi, ajudikasi, sampai dengan pasca ajudikasi”, ujar Anwar.

“Kita haru kembali berpegang pada prinsip yang diikrarkan dalam Konferensi Lembang Tanggal 27 April Tahun 1964, bahwa tembok hanyalah sebuah alat, bukan tujuan Pemasyarakatan. Usaha Pemasyarakatan tidak hanya bergantung pada kokohnya tembok kuatnya jeruji. Pemasyarakatan adalah segala bentuk usaha untuk mengembalikan para pelanggar hukum ke tengah- tengah masyarakat, maka dari itu kedudukannya bukanlah terpisah dari masyarakat itu sendiri”, lanjutnya.

Melalui momentum ini, seluruh jajaran Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Baa terus berkomitmen untuk menjadi insan Pemasyarakatan yang senantiasa berkinerja tinggi, menjaga integritas dan berbudaya anti korupsi, serta menyumbang berbagai prestasi seraya menghindarkan diri dari perilaku kurang terpuji.

IMG 20240427 WA0009

 


Cetak   E-mail