Rutan kefamenanu Laksanakan Upacara Peringatan HBP Ke-60

IMG 20240427 WA0002

Kefamenanu-Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kefamenanu melaksanakan Upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60 Tahun 2024 dengan mengusung tema "Pemasyarakatan Pasti Berdampak". Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Rutan, Antonio Da Costa sebagai Inspektur upacara bertempat di Lapangan Upacara Rutan Kefamenanu. Sabtu(27/4/2024)

Turut hadir dalam kegiatan ini, Para Pejabat Struktural bersama seluruh Jajaran Rutan Kefamenanu, Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (Pipas) serta seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kefamenanu.

Upacara berlangsung khidmat, diawali dengan Komandan upacara, Muhammad Bayu Aji Irfani memasuki lapangan upacara, Pataka Kementerian Hukum dan HAM RI memasuki tempat upacara, Inspektur upacara memasuki tempat upacara dan Penghormatan umum kepada Inspektur upacara dipimpin Komandan upacara. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat pemasyarakatan, Pembacaan Teks Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Tri Dharma Petugas Pemasyarakatan.

Antonio ketika membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Yasonna H. Laoly, mengatakan bahwa "Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan kementerian Hukum dan HAM RI Ke-60 dengan tema Pemasyarakatan PASTI Berdampak bukanlah kegiatan seremonial semata, tapi ini adalah bentuk komitmen kita untuk menjawab berbagai tantangan kedepan, selaras dengan arah dan tujuan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana."

IMG 20240427 WA0003

lebih lanjut, Yasonna menekankan kepada seluruh Petugas Pemasyarakatan agar melaksanakan tugas secara benar, profesional dan bertanggungjawab.

"Di sisi lain dalam upaya memperkecil risiko terhadap peran besar Pemasyarakatan, selalu kami tekankan, laksanakan deteksi dini pada semua aspek dan semua lini, sinergikan dengan stakeholder terkait dan ambil tindakan tegas secara terukur dan sesegera mungkin untuk mengantisipasi atau meminimalisir hal-hal yang berpotensi menjadi hambatan pelaksanaan tugas. Setiap langkah dan pengambilan keputusan kita selalu sandarkan pada prosedur dan ketentuan peraturan perundang-undangan." Tegas Yasonna

Menutup sambutan, Beliau mengucapkan Selamat Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-60 "Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan perlindungan dalam setiap langkah kita."

Kegiatan upacara berjalan dengan baik dan lancar dan diakhiri dengan menyanyikan mars pemasyarakatan, pembacaan doa dan foto bersama.

IMG 20240427 WA0005

IMG 20240427 WA0004


Cetak   E-mail