WUJUDKAN KINERJA ORGANISASI YANG TERKELOLA DAN TERUKUR, LAPAS PEREMPUAN KUPANG IKUTI BIMTEK PENILAIAN MANDIRI MATURITAS SPIP

WhatsApp Image 2024 04 19 at 17.22.46

Kupang - Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Kupang sebagai salah satu UPT di bawah lingkup Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Timur, di bawah kepemimpinan Marciana D. Jone selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Timur mengikuti Kegiatan Bimbingan Teknis Penilaian Mandiri Maturitas SPIP secara virtual melalui Zoom Meeting, Kamis (18/04/2024).

WhatsApp Image 2024 04 19 at 17.22.48

Bertempat di Ruang Rapat Lapas Perempuan Kupang, kegiatan yang dilaksanakan oleh Biro Perencanaan Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM ini diikuti oleh Kepala Seksi Pembinaan Narapidana/Anak Didik, Septerhani Buky bersama Kepala Sub Seksi Registrasi dan Bimkemas, Jane Kaho serta Tim Asesor Lapas Perempuan Kupang dengan tujuan untuk mewujudkan kinerja organisasi yang terkelola dan terukur serta melaksanakan mandat BPKP Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi pada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dan sebagai upaya untuk meningkatkan nilai maturitas SPIP Kementerian Hukum dan HAM pada Level 4.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Biro Perencanaan, Ida Asep Somara ini menyampaikan bahwa pelaksanaan Bimtek ini terkait dengan tugas besar di dalam penilaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) itu sendiri.

WhatsApp Image 2024 04 19 at 17.22.47

“Pada kesempatan ini sebagai salah bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara keseluruhan, juga terkait dengan tugas besar kita terkait Penilaian Maturitas SPIP terintegrasi yang tidak terlepas dari eksistensi Kementerian Hukum dan HAM di dalam pelaksanaan tugas dan fungsi,” ujarnya.

Adapun narasumber yang dihadirkan yakni dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembagunan, Ujang Hamdani dan Ma'aruf Hidayat yang menyampaikan materi tentang konsep dan prinsip SPIP, penilaian mandiri maturitas SPIP, serta pedoman penyusunan laporan hasil penilaian mandiri maturitas SPIP.

WhatsApp Image 2024 04 19 at 17.22.48 1

Pada kesempatan lain, Kepala Lapas Perempuan Kupang, Dewi Andriani berharap melalui Bimbingan Teknis ini dapat memanfaatkan pengetahuan yang diperoleh untuk meningkatkan maturitas SPIP demi mewujudkan kinerja organisasi yang terkelola dan terukur. Kontributor: Humas Lapas Perempuan Kupang


Cetak   E-mail