Dipantau Kadivpas, Rupbasan Kupang Tuan Rumah Turnamen Catur dan Gaple Semarak HBP Ke-60 Tingkat Kanwil Kemenkumham NTT

WhatsApp Image 2024 04 18 at 22.05.39 1

Kupang - Dalam rangka menyemarakkan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60, Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Kupang menjadi tuan rumah pelaksanaan turnamen catur dan gaple tingkat Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT). Turnamen tersebut berlangsung di aula Rupbasan Kupang, Kamis, (18/04), dan mengikutsertakan seluruh peserta dari setiap instansi, baik Kanwil Kemenkumham NTT maupun seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Kota Kupang.

Pada kesempatan ini, Kepala Rupbasan (Karupbasan) Kupang, Sahid Andriyanto Arief, selaku Koordinator Turnamen Catur dan Gaple secara langsung membuka kegiatan tersebut dengan sederhana dan tampak meriah. Kegiatan akan berlangsung selama 2 hari sejak hari ini Kamis, 18 April 2024 sampai dengan Jumat, 19 April 2024.

"Saya harap agar saudara-saudara peserta turnamen yang hadir saat ini dapat memanfaatkan momen ini sebagai ajang dalam membangun silaturahmi dan kekompakan antarinstansi Kemenkumham, baik UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Kota Kupang maupun Kanwil Kemenkumham NTT," ujar Andriyanto.

WhatsApp Image 2024 04 18 at 22.05.39

Andriyanto lanjut menegaskan bahwa tujuan pelaksanaan turnamen catur dan gaple tidak hanya untuk menyemarakkan HBP ke-60, tetapi lebih dari itu untuk menjaga keharmonisan dan hubungan baik antarinstansi Kemenkumham se-Kota Kupang serta melatih konsentrasi, ketelitian, dan kecerdasan untuk menumbuhkan kinerja kerja dari setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenkumham sesuai dengan Tema HBP ke-60, yakni "Pemasyarakatan PASTI Berdampak".

"Turnamen ini tidak melihat siapa yang kalah dan siapa yang menang, tetapi mengharapkan adanya rasa kebersamaan dalam menyongsong Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 itu yang lebih penting," imbuhnya.

Selanjutnya, turnamen catur dan gaple ini juga langsung dipantau oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham NTT, Maliki, yang dalam kesempatan tersebut turut serta menjadi peserta ekshibisi pada turnamen catur.

WhatsApp Image 2024 04 18 at 22.05.41 1

"Turnamen catur dan gaple di Rupbasan Kupang sangat luar biasa. Ini menandakan bahwa proses persiapan sampai pada pelaksanaannya benar-benar diatur dengan baik. Selamat buat Rupbasan Kupang, karena telah berpartisipasi dalam menyemarakkan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkumham NTT," ungkap Maliki.

Sementara itu, dari tempat yang berbeda, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone, selaku Pembina Panitia Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan turnamen catur dan gaple yang dilaksanakan di Rupbasan Kupang.

"Apresiasi yang besar saya sampaikan kepada Kepala Rupbasan Kupang selaku Koordinator Catur dan Gaple serta anggotanya atas partisipasi dalam menyemarakkan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60. Harapan saya semua peserta dapat mengikuti turnamen dengan baik dan sportif untuk menjalin kebersamaan dalam kebhinekaan kita jajaran Kemenkumham," pungkas Marciana. (Kontributor HRK-AN)

WhatsApp Image 2024 04 18 at 22.05.40


Cetak   E-mail