Prodi Keperawatan Waikabubak Poltekkes Kemenkes Kupang Gelar Pengabdian Masyarakat Bagi WBP Lapas Waikabubak

IMG 20240328 WA0059

Waikabubak - Tim Dosen Program Studi (Prodi) Keperawatan Waikabuk Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kupang gelar kegiatan pengabdian masyarakat bekerja sama dengan Subseksi Perawatan Narapidana/Anak Didik dan Tahanan di Lapas Kelas IIB Waikabubak pada Kamis (28/03/2024).

Kegiatan ini ini merupakan wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan mengoptimalisasi Pokja Narapidana/Kader Kesehatan dalam memotivasi PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) warga binaan sebagai strategi preventif bebas TBC di Lapas Waikabubak.

Ketua Prodi Keperawatan Waikabubak, Ully Agustine mengawali kegiatan dengan memberikan arahan singkat.

“Kami merasa sangat terhormat dan bersyukur diberi kesempatan untuk melaksanakan tugas tri dharma kami”, ungkap Ully Agustine.

Ketua Prodi Keparawatan Waikabubak juga menambahkan bahwa kasus TBC di Indonesia dan Sumba Barat ini masih tinggi dan mengajak seluruh masyarakat khususnya yang berada di Lapas Waikabubak untuk ikut memberantas TBC dengan pola hidup bersih dan sehat.

WhatsApp Image 2024 03 28 at 16.36.06 bd0a53b2

Kepala Seksi Adminitrasi Keamanan dan Ketertiban, A. azis selanjutnya memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi.

“Kami dari Lapas Waikabubak sangat mengapresiasi kegiatan ini, bukan saja di tahun ini tapi kami juga berharap terselenggaranya di tahun-tahun berikutnya dan bukan hanya mengenai penyakit TBC saja”, jelas A.Azis.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Dokter Lapas Waikabubak, dr. Irwan Bahar Budiyanto mengenai Lembar Balik Toss (Temukan Obati Sampai Tuntas ) Tuberkolosis dan materi Pola Hidup Bersih : Kunci Mencegah Penyebaran Tuberkulosis oleh Selfi D. R. Putri Santoso yang juga ketua kegiatan pengabdian ini.

Para Kader Kesehatan Lapas Waikabubak dalam kegiatan ini juga diberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan penghuni lain dalam mengedukasi pola hidup bersih dan sehat dalam mencegah TBC.

Lapas Kelas IIB Waikabubak yang merupakan salah satu unit pelaksana teknis di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Timur yang dipimpin oleh Marciana Dominika Djone terus mendukung berbagai kegiatan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga binaan. (Humas LP Wkb)

IMG 20240328 WA0057

IMG 20240328 WA0058


Cetak   E-mail