Hadirkan layanan Eazy Passport Paspor dan Pas Lintas Batas di Maritaing, Bukti Bakti Imigrasi Kupang di Perbatasan Negara

WhatsApp Image 2023 02 19 at 19.36.49 1

Alor - Jumat (17/02/2023) Tim Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor, Darwanto, hadir di desa Maritaing, Alor Timur dalam rangka menghadiri kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Alor. Selain itu, ditempat yang sama, Kanim Kupang juga melaksanakan kegiatan Eazy Passport.

Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Kab. Alor, Amon Djobo, beserta jajaran. Di sela-sela kegiatan, dilaksanakan pemberian Pas Lintas secara simbolis kepada Warga Maritaing sebagai bukti hadirnya Kanim Kupang melayani hingga ke wilayah ini.

Pas Lintas Batas (PLB) adalah dokumen perjalanan yang berfungsi sebagai paspor bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan guna memberikan kemudahan bagi masyarakat tradisional di perbatasan kedua negara melakukan kunjungan dan kegiatan tradisional lainnya, seperti keperluan adat maupun mengunjungi keluarga.

Selain membagikan Pas Lintas Batas, Kanim Kupang juga melaksanakan kegiatan Eazy Passport kepada warga di Desa Maritaing dan sekitarnya yang membutuhkan Paspor untuk berkunjung di luar daerah perbatasan Timor Leste atau diluar jangkauan Pas Lintas Batas yang disepakati. Eazy Passport sendiri merupakan program "jemput bola" langsung kepada kelompok masyarakat yang mengajukan dan manfaatnya dapat langsung dirasakan khususnya bagi pemohon di luar Kota Kupang yang tidak harus datang ke Imigrasi Kupang untuk pengurusan Paspor.

Bupati menyambut baik dan mengapresiasi pelayanan Paspor dan Pas Lintas Batas yang dihadirkan oleh Imigrasi Kupang di wilayah ini, karena warga Alor Timur memiliki hubungan kekeluargaan dan kekerabatan dengan warga di Timor Leste sehingga membutuhkan kepastian regulasi dan administrasi untuk menyebrang ke negara tetangga.

"Tahun depan telah dialokasikan dana untuk pembangunan pelabuhan dermaga penyeberangan yang bukan hanya melayani rute lokal namun juga internasional sehingga dengan hadirnya Imigrasi dapat turut mengembangkan pembangunan dan kesejahteraan di wilayah ini" tutur Amon.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kab. Alor, Sulaiman Singhs. "Alor Timur dapat menjadi daerah pertumbuhan baru. Kita kembangkan sebagai sebuah tempat pertumbuhan ekonomi yang sanggup untuk memenuhi kebutuhan daerah-daerah sekitar kita bahkan di negara tetangga maka Alor timur ini menjadi begitu strategisnya. Dengan hadirnya imigrasi, akan mengundang semua orang yang akan melakukan berbagai macam kegiatan khususnya kegiatan ekonomi dan investasi di daerah potensi yang namanya Alor Timur ini", pungkasnya. (YP)

WhatsApp Image 2023 02 19 at 17.44.47

WhatsApp Image 2023 02 19 at 17.45.22

WhatsApp Image 2023 02 19 at 19.36.49

WhatsApp Image 2023 02 19 at 17.44.47 1


Cetak   E-mail