Larantuka - Tim Verifikator Survei Integritas dan Survei Kepuasan Masyarakat Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT laksanakan Verifikasi data lapangan Hasil survei SPAK-SPKP di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Larantuka, Senin (20/05/2024). Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Subbidang P3HAM, Novebriani S. Sarah dan tim yang terdiri dari JFU Bidang HAM, Thesa D. Kase dan Ririn Y. Bire.
Diterima langsung oleh Kepala Subseksi Pengelolaan Rutan Larantuka, Fransiskus G. Riberu beserta Operator Survei Kepuasan Masyarakat, Jhosua T. Hede, beserta Ketua Pokja VI, Adheleid K. Botu di Ruang Kepala Rutan. Tim Kantor Wilayah melakukan wawancara untuk mengetahui bagaiamana proses pelaksanaan Survei Integritas dan Survei Kepuasan Masyarakat pada Rutan Larantuka.
“Sebelumnya kantor wilayah telah menerima data Jumlah pengguna layanan Rutan Larantukan, dari data tersebut perlu dilakukan verifikasi lanjut agar dapat dilakukan pemetaan responden survei kepuasan masyarakat berbasis Survei Persepsi Anti Korupsi (SPAK) dan Survei Persepsi Kualitas Pelayanan (SPKP) yang proporsional sesuai dengan kondisi pada Rutan Larantuka”, ujar Novebriani.
Menurut Fransiskus, akan dilakukan pendataan ulang terhadap pengguna layanan yang datang berkunjung agar tidak ada pendobelan responden yang datang berkunjung secara terus-menerus.
Terkait dengan survei kepuasan masyarakat, menurut operator survei Rutan Larantuka masih banyak terdapat masyarakat yang tidak memiliki perangkat yang memadai untuk mengisi survei secara online dan masih banyak masyarakat yang belum paham cara mengisi survei secara online.
“Rutan sudah menyediakan perangkat berupa PC untuk masyarakat yang tidak memiliki Hp Android untuk mengisi survei kepuasan secara online," ujar Jhosua.
Atas hal tersebut, Novebriani menungkapkan bahwa pihak Rutan harus menjelaskan pada setiap pengguna layanan bahwa survei kepuasan masyarakat diisi setiap kali masyarakat mendapat layanan dari Rutan, hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada Rutan Larantuka.
Fransiskus menerima masukan dari tim Kantor Wilayah terkait pengisian survei integritas dan survei kepuasan masyarakat dan menyatakan siap untuk melakukan perbaikan untuk mengoptimalkan pelaksanaan survei integritas, survei kepuasan masyarakat dan pelayanan publik di Rutan Larantuka.