Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI

Tingkatkan Mutu Layanan Kesekretariatan Internal Kemenkumham, Jajaran Kanwil NTT Ikut Sosialisasi ILK Virtual

 DSC 2181

Kupang - Jajaran Kanwil Kemenkumham NTT mengikuti secara virtual acara Pembukaan Kegiatan Sosialisasi Indeks Layanan Kesekretariatan (ILK) yang diselenggaran Badan Strategi Kebijakan (BSK) Hukum dan HAM, Senin (9/9/2024). Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala BSK Hukum dan HAM, Y. Ambeg Paramarta.

Kegiatan ini turut diikuti Kakanwil NTT, Marciana Dominika Jone, didampingi Kepala Divisi Administrasi, Rakhmat Renaldy, Kabid HAM, Mustafa Beleng, Kabag Program dan Humas, Yohanis Bely, pejabat pengawas, serta JFT dan JFU dari Divisi Administrasi dan Divisi Pelayanan Hukum dan HAM.

Ambeg menyebutkan ILK sebagai instrumen untuk mengukur kualitas mutu layanan kesekretariatan di lingkungan Kemenkumham merupakan bagian dari pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB), dimana tujuan RB yakni birokrasi yang bersih, efektif, dan berdaya saing mendorong pembangunan nasional dan pelayanan publik sejalan dengan RPJMN 2020-2024.

"ILK akan memberikan gambaran yang holistik atas efektivitas dan inklusivitas layanan kesekretariatan di unit kerja, juga membantu dalam melakukan evaluasi atas kualitas layanan yang diberikan," ujarnya.

Dijelaskan Ambeg, ILK ini disusun sesuai dengan jenis Layanan Kesekretariatan yang diterima oleh pegawai yang menerima Layanan SDM, layanan Perencanaan dan Keuangan, Layanan BMN dan Umum, serta Layanan Hukerma. Sementara Penerima layanan-layanan tersebut adalah Pengampu Tusi, Individu Pegawai, serta Pengampu Tusi dan Individu Pegawai.

“Adanya pengukuran dan feedback dari pengampu tusi dan pengguna layanan, dapat memberikan masukan yang membangun terhadap kualitas layanan kesekretariatan, sehingga diperlukan pengisian yang sesuai dengan fakta di lapangan," imbuhnya.

Disampaikannya, selain untuk mengukur kualitas mutu layanan kesekretariatan, ILK juga bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat layanan kesekretariatan, khususnya di Kanwil, sehingga nantinya Kanwil maupun unit kerja binaannya dapat melakukan evaluasi secara mandiri dan mengetahui hambatan dalam pelaksanaannya.

"RB bukan hanya untuk merubah struktur formal internal birokrasi saja, melainkan bagaimana birokrasi dapat memberikan nilai tambah dan kemanfaatan bagi masyarakat," pungkas Ambeg. (humas/fka)

WhatsApp Image 2024 09 09 at 10.54.37 25f7ee8c

 DSC 2185

 DSC 2196

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
NUSA TENGGARA TIMUR
PikPng.com school icon png 2780725   Jalan W.J. Lalamentik No.98, Kel. Oebobo, Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
PikPng.com phone icon png 604605   +6281337026291 (HaloKumham)
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilntt@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    humaskumhamntt@gmail.com

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
NUSA TENGGARA TIMUR


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. W.J. Lalamentik No.98, Kel. Oebobo, Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
  +6281337026291
PikPng.com email png 581646   kanwilntt@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   humaskumhamntt@gmail.com

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI