Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTT Melaksanakan Kegiatan Bimtek Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan RANHAM 2011-2014

 

      Kupang- Rabu, 23 November 2011 Pukul 09.00 Wita bertempat di Hotel Maya Kupang dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan RANHAM 2011-2014. Bimtek ini diselenggarakan oleh Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTT dan diikuti oleh 40 orang peserta yakni : 20 orang peserta perwakilan dari Kabupaten / Kota Kupang dan 20 peserta lainnya merupakan perwakilan dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

 

 MG 7095

 

      Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM NTT Drs. Agus Saryono dalam sambutannya saat membuka acara Bimtek tersebut mengatakan " Pelaksanaan RANHAM Di Privinsi Nusa Tenggara Timur yang saat ini telah Memasuki tahun ketiga merupakan suatu proses yang berkelanjutan. Pada RANHAM 2004 – 2009 telah dilakukan berbagai program kegiatan mulai dari pembentukan dan penguatan Institusi pelaksana RANHAM sampai pada program pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan. Disadari sepenuhnya bahwa Pelaksanaan RANHAM 2004 – 2009 telah menunjukan peningkatan yang signifikan meskipun masih banyak yang harus dibenahi pada RANHAM 2011 – 2014". Salah satu program yang perlu dilaksanakan secara efektif adalah Pelaporan RANHAM yang bertujuan untuk memberikan gambaran pelaksanaan RANHAM terutama pelaksanaan sepuluh hak dasar. Beliau juga mengatakan bahwa kegiatan Bimbtek ini sangat bermanfaat untuk memberikan kesatuan pemahaman dan pelaksanaan tentang Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan RANHAM Provinsi NTT maupun Kabupaten / Kota se-NTT sehingga diharapkan para peserta dapat mengikutinya dengan baik.

 MG 7131

      Bimbingan Teknis Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan Ini berlangsung selama 2 (dua ) hari yakni mulai tanggal 23 November 2011 sampai dengan tanggal 24 November 2011 menghadirkan narasumber antara lain : Direktur informasi HAM Direktorat Jenderal HAM kementerian HUKUM dan HAM RI Bapak Budi Sulaksana,SH,M.Si , Kepala Bapeda Provinsi NTT Bapak Ir. Wayan Darmawan, M.Si , Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM NTT Drs. Agus Saryono, Dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTT Ir. Maruahal Simanjuntak,SH, MM. dengan Materi - materi yang disampaikan antara lain: Pengumpulan dan Pengolahan Data RANHAM, Upaya pemerintah Daerah Dalam pelaksanaan Program Pembangunan Berbasis HAM, RANHAM 2011-2014, Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan RANHAM, dan Pengisian Matriks RANHAM.

      Hadir pula dalam acara pembukaan Bimtek ini Para Kepala UPT dan para pejabat Eselon III Jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTT Beserta para Undangan.

 MG 7126


Cetak   E-mail