Staf Ahli Bidang Sosial Cek Langsung Pelaksanaan Tusi di LPKA, Bapas, Rupbasan, dan Imigrasi Kupang

WhatsApp_Image_2024-05-02_at_21.51.09.jpeg

Kupang - Staf Ahli Bidang Sosial Kemenkumham RI, Kosmas Harefa melanjutkan kunjungan ke UPT Pemasyarakatan dan Keimigrasian di Kota Kupang pada hari kedua lawatannya, Kamis (2/5/2024). Kali ini, kunjungan dilakukan di LPKA Klas I Kupang, Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kupang, Rupbasan Kupang, dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang.

WhatsApp_Image_2024-05-02_at_21.50.48.jpeg

Kosmas didampingi Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone serta Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Jonson Siagian melihat langsung kondisi empat UPT. Selain itu, juga mengamati pelaksanaan tugas dan fungsi (tusi) serta reformasi birokrasi.

Di LPKA Klas I Kupang, Kosmas meninjau blok-blok dan menyempatkan berbincang dengan anak binaan. Mayoritas anak binaan diketahui mendapatkan pembinaan di LPKA karena melanggar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Perlindungan Anak.

“Ikuti program pembinaan dengan serius agar nanti saat keluar bisa menjadi orang yang lebih baik,” ujarnya memberi nasehat.

WhatsApp_Image_2024-05-02_at_21.50.50_1.jpeg

Kosmas juga menyemangati anak binaan agar tidak putus asa selama menjalani proses pembinaan di LPKA Kupang karena masa depan mereka masih panjang. Secara khusus, ia memuji kebersihan di lingkungan LPKA. Lingkungan yang bersih dikatakan ikut menunjang kesehatan anak binaan. Namun demikian, pelayanan kesehatan bagi anak binaan tetap harus ditingkatkan karena di LPKA belum ada dokter yang bertugas seperti halnya di Lapas Kelas IIA Kupang atau Rutan Kelas IIB Kupang.

WhatsApp_Image_2024-05-02_at_21.50.47.jpeg

Dari LPKA Kupang, Kosmas kemudian menuju ke Bapas Kupang. Di waktu bersamaan, Bapas Kupang tengah mengadakan kegiatan bimbingan kemandirian dan kepribadian bagi klien Pemasyarakatan. Kosmas mengapresiasi kegiatan yang melibatkan Pokmas Lipas (Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan) PKBI NTT dan Disperindag Provinsi NTT ini karena memiliki tujuan untuk membantu para klien Bapas Kupang di dalam mengembangkan keterampilan dan kemampuan pribadi sebagai persiapan kembali ke masyarakat setelah menyelesaikan masa pembimbingan. Ditambah lagi, kegiatan ini juga akan mendukung pembentukan Griya Abhipraya sebagai wadah untuk melaksanakan kegiatan pemberdayaan warga binaan dan klien Pemasyarakatan.

WhatsApp_Image_2024-05-02_at_21.50.49.jpeg

Selanjutnya di Rupbasan Kupang, Kosmas mencoba langsung inovasi layanan scan barcode Basan/Baran serta melihat gudang penyimpanan. Secara umum, ia memuji lingkungan Rupbasan yang bersih, tertata rapi, dan asri.

Sebagai pamungkas, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang menjadi UPT terakhir yang dikunjungi di Kota Kupang. Kosmas antara lain meninjau ruang pelayanan, ruang seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, serta ruang seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian. Kosmas meminta agar jajaran Kanim Kupang terus meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat, khususnya dalam hal pengurusan paspor. (Humas/rin)

WhatsApp_Image_2024-05-02_at_21.51.10.jpegWhatsApp_Image_2024-05-02_at_21.51.10_1.jpegWhatsApp_Image_2024-05-02_at_21.51.12.jpeg


Cetak   E-mail