Pemasyarakatan Pasti Berdampak, Lapas Ende Gelar Upacara Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60 Tahun 2024

foto amanat hbp ende

Ende - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ende menggelar Upacara Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60 Tahun 2024, Sabtu (27/04/2024). Upacara ini dilaksanakan bertempat di lapangan upacara Lapas Kelas IIB Ende.

Dengan mengusung tema "Pemasyarakatan Pasti Berdampak" upacara peringatan ini dilaksanakan tepat pukul 08.00 Wita dan diikuti oleh seluruh jajaran Lapas Kelas IIB Ende, Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS), serta Purnabakti Lapas Kelas IIB Ende.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kalapas Ende, Taufiq Hidayat membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, mengatakan peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60 ini bukanlah kegiatan seremonial semata tapi ini adalah bentuk komitmen kita untuk menjawab berbagai tantangan kedepan selaras dengan arah dan tujuan UU No. 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan UU No. 1 Tahun 2023 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

"Kita semua patut bersyukur dan berbahagia, bahwa undang-undang Pemasyarakatan memandatkan bahwa pelaksanaan Sistem Pemasyarakatan berdasarkan asas Pengayoman, non diskriminasi, kemanusiaan, gotong royong, kemandirian, proporsionalitas, kehilangan Kemerdekaan merupakan satu-satunya derita, serta profesionalitas." ujar Kalapas Taufiq Hidayat.

foto upacara hbp ende

Lebih lanjut, Kalapas Taufiq Hidayat mengatakan jajaran Pemasyarakatan harus berpegang pada prinsip yang diikrarkan dalam kenferensi Lembang pada tanggal 27 April Tahun 1964, bahwa tembok hanya sebuah alat, bukan tujuan Pemasyarakatan. Pemasyarakatan adalah segala bentuk usaha untuk mengembalikan para pelanggar hukum ke tengah-tengah masyarakat.

"Akhir kata, Selamat Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan perlindungan dalam setiap langkah kita," tutup Kalapas Ende membacakan amanat Menteri Hukum dan HAM RI.

foto upacara hbp ende blkng

Kegiatan dilanjutkan dengan syukuran Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60 yang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan makan siang bersama seluruh keluarga besar Lapas Kelas IIB Ende. (humas/ak)

foto bersama hbp ende


Cetak   E-mail