PERINGATI HARI BAKTI PEMASYARAKATAN KE-60, KEPALA LPKA KUPANG DAN JAJARAN IKUTI UPACARA

WhatsApp Image 2024 04 27 at 12.01.59

Kupang, INFO_PAS - Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60 yang jatuh pada Sabtu, 27 April 2024 diperingati oleh seluruh insan pemasyarakatan dengan melaksanakan upacara bendera. Di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur di laksanakan di halaman Kanwil Kemenkumham NTT yang diikuti oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis se-Kota Kupang tidak terkecuali Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Kupang.

WhatsApp Image 2024 04 27 at 12.01.58 1

Upacara yang dipimpin oleh Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone dimulai pada pukul 08.00 WITA. Kepala Divisi Pemasyarakatan, Maliki; Kepala Divisi Imigrasi, Ismoyo dan Kepala Divisi Administrasi, Rahmat Reynaldi.

WhatsApp Image 2024 04 27 at 12.01.57 1

Dalam amanatnya Kakanwil Kemenkumham NTT membacakan sambutan dari Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly. "Pemasyarakatan telah memiliki peran yang sentral dalam upaya penjaminan hak pada mereka yang dikenakan upaya paksa, pembinaan bagi para pelanggar hukum dan secara signifikan terlibat dalam upaya memberikan perlindungan kepada masyarakat dari pengulangan tindak pidana," ucap Marciana.

Lebih lanjut Kakanwil menekankan akan pentingnya mitigasi resiko dalam pelaksanaan tugas di Pemasyarakatan. "Dalam upaya memperkecil resiko terhadap peran besar Pemasyarakatan, yaitu laksanakan Deteksi Dini pada semua aspek dan semua lini. Deteksi dini dapat meminimalisir dan mengantisipasi hal-hal yang berpotensi menjadi hambatan dalam pelaksanaan tugas," lanjut Kakanwil Kemenkumham NTT.

WhatsApp Image 2024 04 27 at 12.01.57

Di akhir amanatnya, Marciana memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan bagi ASN Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kupang yakni dr. Fika. Penghargaan ini diberikan atas dedikasi dr. Fika dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap narapidana di LP Kupang.

Kepala LPKA Kupang, Lukas Laksana Frans yang ditemui setelah upacara memberikan komentar positif tentang kegiatan yang telah dilakukan. "Semoga dengan semakin bertambahnya umur Pemasyarakatan, semakin matang dalam melayani dan berdampak bagi masyarakat," ucapnya.

WhatsApp Image 2024 04 27 at 12.01.58

Setelah melaksanakan upacara, dilanjutkan dengan kegiatan pemotongan nasi tumpeng dan kue ulang tahun. Ny. Farida Frans - Raga, Ketua DWP Unit LPKA Kupang mendapat bagian dalam pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Kakanwil Kemenkumham NTT.


Cetak   E-mail