Kakanwil Kemenkumham NTT Ingatkan Layani dengan Hati serta Jaga Kesehatan Demi Kinerja Tinggi

WhatsApp_Image_2022-01-19_at_12.23.57.jpeg

Maumere - Marciana Dominika Jone, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT menghadiri acara pelaksanaan Deklarasi dan Penandatanganan Komitmen Bersama Pelaksanaan Zona Integritas Tahun 2022 pada Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Maumere. Kegiatan ini dihadiri Antonius Semuki selaku Karutan dan Para Pejabat Struktural serta Para Aparatur Sipil Negara secara langsung di Aula Kanim Maumere, Rabu(19-01-2022).

Dalam sambutannya, Marciana menyampaikan janji yang telah diucapkan bersama harus dilaksanakan dengan baik. Salah satunya pola hidup sehat dengan menjaga imun tubuh dan mematuhi protokol kesehatan. Untuk warga binaan diberikan pelayanan prima dengan cara menjaga kesehatan para petugas Rutan. "Jaga kesehatan kita untuk bisa melindungi kesehatan orang-orang yang ada dalam pengawasan kita,"ucapnya.

Marciana mengingatkan pembacaan deklarasi janji kinerja dimaknai dan dilaksanakan dengan baik, sehingga bukan hanya slogan serta bukan hanya sekedar dilaksanakan karena tuntutan target sampai 31 Januari 2022. Pelayanan bagi warga binaan menjadi perhartian serius Kakanwil dengan memberikan pesan bagi Karutan untuk semakin mewujudkan suasana aman dan nyaman serta keramahan dalam membina para WBP, sehingga dirasakan aman dan terjaga kesehatan baik fisik maupun psikis. "Salah satu tugas kita adalah menjaga mereka. Berikan senyum terbaik bagi mereka, jaga gestur tubuh, jaga gestur mulut,"tegasnya.

WhatsApp_Image_2022-01-19_at_19.30.26.jpeg

Kakanwil memberikan apresiasi bagi Rutan Maumere sudah berusaha menciptakan suasana nyaman saat masuk kawasan terlihat bersih dan asri. Tak lupa, air minum juga tercukupi serta makanannya baik. "Saya sering sidak dan memang kondisinya baik karena dikerjakan dengan hati,"ucapnya.

Marciana mengharapkan segenap jajaran Rutan Maumere tetap semangat melaksanakan kegiatan ini dan mempedomani 4 hal yakni 1)Capailah target kinerja yang telah ditentukan dengan baik dan tepat sasaran, 2)Pedomani kebijakan yang telah digariskan Presiden RI serta Rencana Kerja Kemenkumham, 3)Menerapkan prinsip Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif (PASTI) serta Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK), dan 4)Kesiapan menghadapi situasi kedaruratan melalui penyusunan rencana dan langkah-langkah kontijensi.

WhatsApp_Image_2022-01-19_at_12.24.02_1.jpeg

Pentingnya vaksin bagi seluruh ASN disampaikan Marciana untuk bisa terbentuk herd immunity. Sikap optimis melawan pandemi Covid-19 ini ditunjukkan dengan semangat gotong royong dan kebersamaan."Pastikan seluruh ASN sudah vaksin tahap 1 dan 2, segera laksanakan vaksin ke 3 juga. Kita harus jadi role model penerapan prokes," ujarnya.

Kakanwil menyampaikan program baru dari Kanwil Kemenkumham NTT untuk mengevaluasi berita seluruh UPT per dua minggu. "Tolong publikasikan kegiatan kita dengan baik, karena kita dalam era keterbukaan informasi publik,"ujarnya. Kerjasama dengan aparat penegak hukum serta Pemerintah Daerah menjadi hal penting yang perlu diperhatikan para ASN untuk menciptakan penegakan HAM dalam Rutan.

WhatsApp_Image_2022-01-19_at_12.24.02.jpeg

Marciana mengharapkan seluruh ASN menjadi teladan bagi WBP untuk mentransfer ilmu sederhana, sehingga bermanfaat bagi masyarakat."Jangan sampai mereka masuk untuk kedua kalinya, karena itu artinya kita gagal membina mereka," ucapnya.

Di akhir penyampaiannya, Marciana mengajak seluruh ASN yang masih muda untuk mendukung kegiatan Kemenkumham dengan semua kemampuan yang dimiliki. Tak lupa, belajar etika kepada para senior. Tak lupa, Kakanwil mengingatkan kembali penerapan protokol kesehatan ketat di tengah kondisi pandemi Covid-19 dengan mencuci tangan, menjaga jarak, menggunakan masker dan menghindari kerumunan.


Cetak   E-mail