Kanwil Kemenkumham NTT Harmonisasikan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sikka

IMG 20200811 WA0061

Kupang – Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana Jone menerima kunjungan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sikka, Yoseph Eri dan Anggota Dewan serta Rombongan Pemerintah Daerah Kabupaten Sikka, Selasa (11/08/2020).

Kunjungan ini dalam rangka pengharmonisasian, Pemantapan dan Pembulatan Konsepsi Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sikka tentang Penyesuaian Bentuk Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Sikka Menjadi Badan Usaha Milik Daerah Perusahaan Umum Daerah Air Minum Wair Pu’an.

Bertempat di ruang Multifungsi Kanwil Kemenkumham NTT, rapat ini diikuti oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana Jone, Perancang Perundang-undangan, Lucky Dirathome, Narita Ratukore dan Novi porsiana.

Merci menyampaikan terima kasih kepada Pihak DPRD Kabupaten Sikka dan Pemda Kabupaten Sikka yang telah melibatkan perancang peraturan perundang-undangan pada Kanwil Kemenkumham NTT dalam proses harmonisasi Ranperda tersebut.

Merci juga menambahkan bahwa pengharmonisasian merupakan salah satu dari rangkaian proses pembentukan peraturan perundang-undangan agar tidak terjadi tumpang tindih dari peraturan perundang-undangan termasuk peraturan daerah.

Oleh karena itu, melalui harmonisasi ini, Merci berharap dapat menghasilkan Ranperda yang berkualitas dalam rangka penguatan kelembagaan perangkat daerah yang ada di lingkup Pemda Kabupaten Sikka.

IMG 20200811 WA0060

Selanjutnya Lucky Dirathome selaku Tim Penyusun menyampaikan masalah yang ditemukan dari raperda yang di ajukan diantaranya terkait penormaan yg ada di draf Raperda yg diajukan sebagian besar mengatur ulang norma yang ada di Peraturan Pemerintah dan Permendagri yg mengatur tentang BUMD.

Oleh karena itu, perancang melakukan perbaikan dengan menggunakan teknik pengacuan sehingga dalam perda tidak lagi menormakan hal-hal yg sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan yg lebih tinggi.

Menanggapi hal tersebut, semua masukan dan perbaikan yang disampaikan para perancang baik secara teknis maupun substantif diterima secara baik oleh pihak DPRD dan Pemda Sikka.

Menutup kegiatan rapat Lucky juga mengapresiasi Pemda dan DPRD Sikka yg walaupun untuk pertama kali bekerja sama dengan pihak Kemenkumham tetapi cukup proaktif.

Lucky berharap melalui kerja sama antara Kemenkumham dan DPRD serta Pemda sikka dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Dari hasil rapat, draft Raperda hasil perbaikan yg dilakukan oleh perancang akan diteruskan untuk masuk ke tahap pembahasan dan asistensi di  Biro Hukum Setda Provinsi NTT.

IMG 20200811 WA0063

 

Cetak