Wagub: Pemerintah Daerah NTT Dapat Berkolaborasi Dengan Kanwil Kemenkumham NTT, Bukan Sekedar Berkoordinasi.

IMG 20200730 WA0004

Info Kanwil NTT_Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone didampingi Kepala Divisi Administrasi, Piet Bukorsyom dan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Mulyadi, Kamis (30/07/2020) bertemu Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Yoseph Nae Soi dalam rangka bersilahturahmi sekaligus mengucapkan terima kasih atas dukungan yang selama ini diberikan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur NTT beserta jajarannya kepada Kanwil Kemenkumham NTT. Pertemuan yang berlangsung hangat di ruang kerja Wakil Gubernur NTT ini juga membahas beberapa agenda penting yang memerlukan koordinasi dan kolaborasi antara Kanwil Kemenkumham NTT dan Pemerintah Daerah NTT.

Dalam kesempatan itu, Marciana mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur NTT yang beberapa saat lalu telah memfasilitasi pemindahan 3 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari Lembaga Pemasyarakatan Waikabubak ke Nusa Kambangan. Marciana juga menyampaikan bahwa Kanwil Kemenkumham juga akan mengupayakan pemindahan WBP tindak pidana Asusila khususnya pemerkosaan terhadap anak akan dipindahkan pula ke Nusa Kambangan. Pemindahan WBP Asusila perlu dilakukan agar ada efek jera, karena tindak pidana pemerkosaan terhadap anak sangat tinggi di Nusa Tenggara Timur “Ke depan kami juga minta dukungan, support dari pemda NTT, ujar Kakanwil.

Selanjutnya Marciana menyampaikan progress permasalahan tanah di Kabupaten Sumba Tengah yang saat ini telah di bentuk Tim penyelesaian permasalahan tanah milik Dirjen Imigrasi di Kabupaten Sumba Tengah . Marciana juga meminta dukungan pemerintah NTT untuk menyelesaikan masalah tersebut., Sehingga Marciana optimis permasalahan BMN ini dapat diselesaikan. Kemudian pada kesempatan yang sama Marciana meminta dukungan Wakil Gubernur dalam implementasi pelaksanaan Undang-Undang nomor 15 Tahun 2019 tentang Pembentukan Peraturan Perundang- Undangan. Marciana mengharapkan Pemerintah Daerah NTT dapat bersinergi dengan Kanwil Kemenkumham NTT dalam hal pengharmonisasian produk hukum daerah.Marciana juga meminta dukungan Pemerintah Daerah dalam upaya perlindungan Kekayaan Intelektual di Nusa Tenggara Timur, untuk itu dibutuhkan Naskah kerja sama antara Pemda Provinsi NTT dengan Kanwil Kemenkumham NTT.

Menanggapi semua hal yang disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Wakil Gubernur NTT manyambut positif dan mengapresiasi Kakanwil beserta jajaran yang begitu gencar dalam melaksanakan tugas sebagai aparatur negara. Beliau bahkan mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi NTT akan bersinergi dengan Kanwil Kemenkumham NTT melalui cara Kolaborasi bukan hanya sekedar Koordinasi sehingga hasil yang dicapai dari setiap program dapat mendukung lajumya pelaksanaan pemerintahan yang maksimal dan berkualitas .

Wakil Gubernur memberikan respon yang baik terhadap Pemindahan WBP tindak pidana pemerkosaan di wilayah NTT ke NusaKambangan, WBP yang akan dipindahkan akan diambil dari beberapa Lapas dan Rutan di NTT. Kaitan dengan penyelesaian masalah tanah di Sumba Tengah, pemda NTT akan ikut membantu untuk proses penyelesaian nya.**DL

Cetak