Marciana Minta ASN Kanim Maumere Tingkatkan Kualitas Kinerja dan Percepatan Penyerapan Anggaran

IMG 20200709 WA0060

IMG 20200709 WA0023

Maumere - Dalam rangka pengawasan dan pengendalian pelayanan Keimigrasian untuk mewujudkan program "New Normal Kumham Pasti Produktif" dan penguatan SDM ASN Kanim Maumere, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham NTT, Marciana D Djone, didampingi Kepala Divisi Imigrasi, Amrizal, dan Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Christian Pena mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere, Kamis (09/07/2020).

Kunjungan Marciana ini merupakan kunjungan pertama ke Kanim Maumere sejak menjabat sebagai Kakanwil Kemenkumham NTT. 

Memasuki kantor Imigrasi Maumere, Kakanwil dan rombongan terlebih dahulu diukur suhu tubuh dan menggunakan handsanitizer yang telah di sediakan petugas Kanim Maumere. 

Sebelum arahan Kakanwil, PLH. kepala Kantor Imigrasi Maumere, Marselinus Ma memaparkan Kinerja kanim Maumere dari bulan januari sampai dengan juli 2020 antara lain luas wilayah kerja ,jenis layanan, keterbatasan sarana prasarana dan kekurangan SDM. 

Dalam arahannya, Kepala Kantor Wilayah mengucapkan terima kasih kepada pegawai pada Kanim Maumere yang telah bekerja dengan baik meskipun Kanim Maumere memiliki wilayah kerja yang cukup luas terdiri dari 5 kabupaten yaitu kabupaten Nagekeo, Ende, Larantuka, Lembata dan Sikka,  Sarpras yang terbatas namun tidak membatasi kinerja Kanim Maumere sehingga Kanim Maumere menjadi salah satu Satker yang akan di usulkan untuk mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK),

Agar WBK dapat di raih oleh Kanim Maumere maka Pelaksanaan ZI dan RB yang mengacu pada Permenpan RB no 20 tahun 2010 harus bisa dilaksanakan dengan baik oleh 6 pokja.

Kakanwil mengatakan dirinya menaruh harapan besar kepada Kanim Maumere untuk berhasil meraih predikat WBK.

"Dengan di usulkan untuk meraih predikat WBK, ASN di Kanim Maumere harus lebih meningkatkan kinerja nya untuk memberikan pelayanan publik yang baik dan berkualitas kepada masyarakat untuk itu Integritas moral harus di junjung tinggi, kekompakan dan kerja sama antara atasan dan staf dalam bekerja serta keterbukaan pada sesama rekan kerja," ujar marciana.

Menanggapi permasalahan yg di sampaikan oleh Plh Kakanim maumere Terkait kekurangan pegawai Marciana meminta untuk membuat peta jabatan dan analisis beban kerja. Menurutnya, hal itu juga sebagai salah satu syarat meraih WBK selain untuk mengetahui kebutuhan pegawai pada Kanim Maumere.

Mengenai kedisiplinan Marciana mengatakan disiplin Aparatur Sipil Negara sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2020 Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil Negeri oleh karena itu Kita sebagai ASN harus benar-benar menerapkan dalam kerja kita setiap harinya, apalagi telah di terapkan tatanan normal baru, absen masuk dan keluar pada aplikasi Simpeg yang kita gunakan harus sesuai dengan kenyataan di kantor, jangan ada pegawai yang meninggalkan kantor sebelum jam kantor usai.

Lebih lanjut kakanwil menegaskan kepada ASN Kanim Maumere agar dalam melakukan suatu pekerjaan harus jelas dan terukur. "Setiap ASN harus memahami apa yang akan dikerjakan serta bagaimana melakukan pekerjaan tersebut dengan tetap berpegang pada aturan yang berlaku sehingga segala sesuatu yang dikerjakan dapat terukur," kata Marciana.

Selain itu, Merci juga menyoroti penyerapan anggaran di Kanim Maumere yang masih rendah pada semester I ini, untuk itu diharapkan masing-masing para pejabat dan staf untuk melihat kembali Disbursement Plan yang telah di buat, menurutnya di era Pandemi Covid-19 setiap satker harus bekerja lebih giat dan lebih keras untuk meningkatkan penyerapan anggaran baik itu belanja modal maupun belanja barang.

"Percepatan pembelanjaan anggaran  merupakan sebagai bagian dari proses pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi COVID-19. Oleh karena itu saya meminta agar segera membelanjakan anggaran agar bisa mempercepat proses pemulihan ekonomi di masa pandemi ini, namun, tetap perhatikan aspek akuntabilitas," tutur Marciana.

Terkait pelayanan terhadap masyarakat Kakanwil menekankan kepada ASN Kanim Maumere agar terus melakukan inovasi yang  berdampak positif pada pelayanan publik serta memanfaatkan media sosial untuk mengekspos pelayanan publik yg ada. 

Sebelum mengkhiri arahannya Kakanwil juga mengingatkan kepada seluruh jajaran imigrasi Maumere untuk tim pora di 5 kabupaten harus berjalan dengan baik dan efektif , Kakanim harus bermitra dengan pemerintah daerah, aparat penegak hukum serta media massa untuk bersama-sama  mencegah Pekerja Migran Indonesia non prosedural dan untuk mendukung pelaksanaan tugas yang lebih baik.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Imigrasi, Amrizal mengingatkan pada ASN Kanim Maumere untuk segera menyiapkan data dukung Tarja B09. Menurut Amrizal hal ini sudah harus di persiapkan dari sekarang agar Tarja Imigrasi menjadi lebih baik lagi.

Diakhir kunjungannya Marciana dan rombongan juga menyempatkan diri memantau ruang kerja pegawai pada Kanim Maumere, termasuk kamar mandi dan ruang lactasi.

IMG 20200709 WA0058

 

IMG 20200709 WA0059

 IMG 20200709 WA0057

 

Cetak