Budayakan Pola Hidup Sehat, Kakanwil Ikut Pemeriksaan Kesehatan di Rudenim Kupang

f793dfc8 987c 4111 a643 2b76bc161eae

Kupang – Aparatur Sipil Negara dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai pelayan publik perlu didukung dengan kesehatan, kemampuan fisik, daya tahan tubuh serta stamina yang baik.

Rumah Detensi Imigrasi Kupang dalam rangka meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap melayani masyarakat bekerja sama dengan Rumah Sakit Wirasakti Kupang untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi Aparatur Sipil Negara Rudenim Kupang, Kamis(25/06/2020).

Kegiatan pemeriksaan ini dihadiri oleh Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana Djone, Kepala Divisi Administrasi Piet Bukorsyom, Kepala Divisi Keimigrasian, Amrizal,  Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Christian Penna, Kepala Bidang Perizinan dan Informasi, Rachmat, Kepala Bagian Program dan Pelaporan Kanwil Kemenkumham NTT, Rosmini Manuhutu, Kepala Sub Bagian Reformasi Birokrasi, Humas dan Teknologi Informasi Kanwil Kemenkumham NTT, Yustina Lema, Kepala Rudenim Kupang, Heksa Soepriadi dan diikuti oleh seluruh ASN pada Kantor Rudenim Kupang.

Pada kesempatan tersebut Tim medis Rumah sakit Wirasakti Kupang yang dipimpin langsung oleh Kepala Rumah Sakit Wirasakti Kupang, Mayor Ckm dr. Burhanudin Mursid melakukan pemeriksaan kesehatan yang terbagi dalam dua tahap, yaitu tahap awal yang terdiri dari pengukuran TB, BB, Tekanan Darah/tensi, dan Suhu badan yang dilakukan di Rudenim Kupang dan tahap lanjutan yang akan dilakukan di Rumah Sakit Wirasakti Kupang sesuai jadwal yang ditentukan.

Sedangkan untuk Jenis- jenis pemeriksaan yang dilakukan antara lain pemeriksaan EKG atau Rekam Jantung, Pemeriksaan darah Lengkap, Pemeriksaan Gula Darah Puasa, dan Pemeriksaan Kolesterol.

Mengawali kegiatan Kepala Rudenim Kupang, Heksa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Kanwil Kemenkumham NTT dan tim yang menyempatkan waktu untuk hadir dalam kegiatan ini. Heksa berharap dengan kegiatan pemeriksaan ini pegawai Rudenim Kupang bisa selalu sehat sehingga pelaksanaan tugas akan lebih optimal.

Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana  dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan pemeriksaan ini menyampaikan terima kasih kepada kepala Rumah Sakit Wirasakti Kupang yang telah Bekerja sama untuk melaksanakan kegiatan pemeriksaan, serta memberikan apresiasi kepada Kepala Rudenim Kupang atas progress yang luar biasa di Rudenim Kupang.

4fed54de d5f8 47fa b474 1d28f73083d2

“ Apresiasi saya berikan kepada Kepala Rudenim Kupang atas progres yang di lakukan, kunjungan awal saya ke rudenim 3 hari setelah dilantik, keadaan Rudenim sangat kotor, tapi mari lihat saat ini Rudenim menunjukkan wajah baru, progress yang luar biasa dilakukan oleh Kepala Rudenim Kupang. Bukan hanya bersih lingkungan kantor tapi juga sampai blok Deteni Rudenim Kupang sekarang menjadi lebih nyaman,” ujar merci.

Lebih lanjut, Marci menyinggung tentang kinerja ASN Rudenim Kupang dalam menyelesaikan Analisis Jabatan (Anjab) dengan tepat pada Rudenim Kupang.

Hal tersebut menjadi penting untuk mengetahui kebutuhan pegawai pada Rudenim Kupang, sehingga tidak ada pegawai terutama para petugas penjaga tahanan yang bekerja melebihi jam kerja yang seharusnya.

Marci menambahkan bahwa kegiatan pemeriksaan yang dilaksanakan oleh Rudenim Kupang ini sesuai dengan konsep UU no. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, tepatnya pada  pasal 8 yang mengatakan Perlindungan, pemajuan, penegakan, dan Pemenuhan hak asasi manusia terutama menjadi tanggung jawab Pemerintah yang dalam hal ini melalui Dirjen Imigrasi yang telah menyiapkan anggaran untuk kegiatan seperti ini.

Merci berharap kedepannya Kanwil Kemenkumham NTT juga dapat melakukan Kegiatan seperti ini. “ Tahun depan Kanwil Kemenkumham NTT harus melakukan kegiatan seperti ini, walaupun kita mempunyai BPJS tapi kesadaran kita untuk memeriksakan kesehatan sangat rendah, hal seperti ini sangat sederhana tapi sangat bermakna untuk kesehatan kita bersama,” tambah Merci.

7eb3eeb9 5a50 4931 a22e 31ce196f91c0

 

98e8e4ff a961 4433 b7a3 d19ec3a5e2ba

e954fcb0 1029 42fa bede 4070c22907a9

Cetak