Asep Syarifudin Memberikan Pemahaman Tusi Pengelolaan Anggaran, IKPA dan CORPU Bagi Satker di Lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT

Plh. Kepala Kantor Wilayah, Budi Argap Situngkir membuka kegiatan Rapat Kerja dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran dan Kegiatan serta Lounching Live Meeting Conference Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTT, bertempat di Aula Kantor Wilayah.

Saat membuka kegiatan, Kepala Divisi Pemasyarakatan menyampaikan kepada seluruh Pejabat Kantor Wilayah dan Kepala Unit Pelaksana Teknis untuk selalu bersinergi, melakukan kolaborasi serta membangun hubungan baik dengan stakeholder. "Sejalan dengan perkembangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia terus melakukan perbaikan kearah yang lebih maju, mind set kita tahun sebelumnya adalah kami PASTI dan hal ini telah berjalan dengan baik, saat ini mengawali tahun 2020 Kementerian Hukum dan HAM RI menjadi Corporated University, Kantor Wilayah beserta satuan kerjanya merupakan tempat pembelajaran dan seluruh Pejabat diwajibkan memahami serta mengerti makna yang terkandung terkait Corporated University tersebut yang nantinya akan dijelaskan lebih dalam oleh Kepala Kantor Wilayah. Kepala satuan kerja dituntut segera mengimplementasikan, bagaimana agar capaian kinerja pada satker dapat berjalan lebih baik lagi, harapan saya pada setiap triwulan kepala satuan kerja wajib menyampaikan hasil capaian kinerja agar tertib administrasi dalam hal capaian kinerja" ujar Budi Argap Situngkir.

Dalam sambutannya Budi Argap Situngkir menyebutkan kegiatan yang dilaksanakan saat ini merupakan proses percepatan atau memenuhi target kinerja yang disampaikan dan diprogramkan oleh Kementerian.

ikpa 312193

Di dorong rasa tanggung jawab dan kasih sayang kepada seluruh satuan kerja, setibanya Kepala Kantor Wilayah di Nusa Tenggara Timur usai mengikuti kegiatan di Jakarta, Asep Syarifudin langsung turut ambil bagian dalam kegiatan dan memberikan penjelasan kepada seluruh Kepala Unit Pelaksanaan Teknis dan Bendara Satker dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Timur terkait Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA).

Kakanwil Kemenkumham NTT mengupas lebih dalam satu persatu Indikator dan memberikan peluang bagi satuan kerja yang belum memahami terkait bagaimana cara pelaksanaan indikator tersebut agar seluruh satker memahami dengan baik tusi pengelolaan Anggaran. Seluruh KPA wajib mengetahui tentang IKPA, kepatuhan terhadap regulasi, patuh terhadap apa yang telah disampaikan pusat kepada wilayah hingga tingkat satuan kerja" tegas Asep.

Lebih lanjut, Kepala Kantor Wilayah berharap dengan dilaksanakannya Rapat Kerja dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran dan Kegiatan ini dapat benar-benar memberikan pemahaman yang tepat kepada seluruh satuan kerja terkait pentingnya pemahaman 12 (dua belas) Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA), keseluruhannya tentunya demi kesuksesan pengelolaan anggaran di Wilayah Nusa Tenggara Timur.

ikpa 312191

Pada kesempatan ini, Asep Syarifudin juga melakukan Internalisasi terkait CORPU kepada seluruh Pejabat Kantor Wilayah serta Satuan Kerja Pemasyarakatan dan Imigrasi di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur, yang hadir pada kegiatan. Corporate University dibutuhkan untuk menjamin terwujudnya keberlangsungan organisasi pembelajar dan Individu pembelajar.

Kakanwil menjelaskan Corporate University itu sendiri adalah salah satu Engine Strategi suatu organisasi yang mengintegrasikan apa yang telah tersedia, yaitu sumber daya, proses bisnis, dan orang-orang terlibat dalam proses pembelajaran untuk mencapai performasi terbaik secara terus menerus meningkatkan knowledge, skill dan attitude dari orang-orang yang berada dalam ekosistem organisasi dengan didukung oleh pengelolaan pengetahuan (Knowledge Management).

ikpa 312192

Kanwil dan satuan kerja merupakan Corporate University yaitu merupakan tempat pembelajaran yang merupakan bagian strategis untuk melatih ASN guna meningkatkan kinerja sesuai dengan visi, misi, dan strategi yang ditetapkan Kementerian. Lahirnya Corporate University sendiri tentunya untuk mengatasi tantangan kedepan dimana permasalahan yang dihadapi ASN baik pada pemasyarakatan dan imigrasi yang semakin banyak dan kompleks.

Diakhir penjelasan, Asep Syarifudin menyerukan yel-yel "Corporate University Kanwil Kemenkumham NTT" serentak seluruh Pegawai dan Pejabat di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT menjawab : PASTI PASTI PASTI

Kegiatan dilanjutkan Lounching Live Meeting Conference, merupakan Aplikasi yang akan digunakan oleh Kantor Wilayah beserta jajaran di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT. Selanjutnya ditutup dengan arahan dari Kepala Divisi Pemasyarakatan dan Kepala Divisi Imigrasi, Selasa (3/12/2019)_y1.dok: tn

kakanwil312191


Cetak   E-mail