LOMBA KADARKUM UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN HUKUM MASYARAKAT NTT

WhatsApp Image 2019 11 05 at 12.26.19

Selasa (05/11/2019). Acara pembukaan Lomba KADARKUM (Lomba Keluarga Sadar Hukum) tingkat propinsi NTT dilaksanakan di Aula Kawil Kemenkumham NTT. Dengan mengangkat tema “Melalui Lomba Kadarkum  kita wujudkan masyarakat NTT yang berbudaya Hukum dan Cerdas Hukum”. Lomba KADARKUM dilaksanakan sebagai upaya mencipatakan budaya hukum dan untuk membentuk Keluarga Sadar Hukum, melakukan pembinaan Desa Keluarahan Sadar Hukum dan Sekolah Sadar Hukum. Peserta yang ikut serta berjumlah sembilan regu merupakan perwakilan siswa/i SMA dan Karang Taruna sepropinsi NTT, 1 grup dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, 1 Grup dari Kabupaten Rote Ndao dan 7 Grup dari Kota Kupang. Sebelum memasuki tempat perlombaan, peserta terlebih dahulu melakukan registrasi pada meja panita.

Hadir dalam acara pembukaan lomba KADARKUM yakni Gubernur NTT yang diwakili oleh Setda Provinsi NTT, Kepala kantor Wilayah Hukum dan HAM NTT, Walikota Kupang, Kepala Divisi, Kepala UPT Pemasyarakatan/Imigrasi sekota Kupang, Pejabat Eselon III/IV lingkup Kanwil, Bupati Rote Ndao dan Bupati TTS, para kepala sekolah dan dewan juri lomba.

WhatsApp Image 2019 11 05 at 12.26.21

WhatsApp Image 2019 11 05 at 12.26.21

WhatsApp Image 2019 11 05 at 12.26.21

Dalam laporannya, Mustafa Beleng selaku ketua panitia lomba mengatakan lomba KADARKUM Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Selain itu untuk mewujudkan masyarakat yang berbudaya hukum. Pada hari ini Selasa (05/11/19) dilaksanakan Babak Penyisihan dan Rabu (06/11/2019) akan dilaksanakan babak semifinal dan babak final.

Gubernur Nusa Tenggara Timur dalam hal ini diwakili oleh Setda provinsi NTT menyampaikan harapan dari Gubernur agar melalui perlombaan ini dapat mengetahui sejauh mana tingkat  pemahaman masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, dan lomba yang dilaksanakan ini juga menjadi sarana pembinaan hukum bagi elemen terkait dari kabupaten/kota, organisasi kemasyarakatan maupun melibatkan dunia pendidikan yang mampu memberikan nilai edukasi kepada masyarakat. Kegiatan perlombaan KADARKUM resmi dibuka ditandai dengan pemukulan gong oleh setda provinsi NTT didampingi Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM NTT dan Bupati Rote Ndao.

Setelah acara pembukaan, perlombaan dilanjutkan dengan babak penyisihan regu-regu peserta lomba. Peserta yang menjuarai perlombaan di tingkat provinsi akan mengikuti Lomba Keluarga Sadar Hukum Tingkat Nasional pada tahun 2020 .


Cetak   E-mail