Kiprah Humas Tak Sekedar Polesan Citra

Masih segar dalam ingatan pesan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT, Asep Syarifudin ketika memberi penjelasan terkait peran humas dalam kegiatan bimbingan teknis yang dilaksanakan kemarin pada hari Kamis, tanggal 11 Juli 2019 bertempat di Aula Kantor Wilayah.

Menurut Asep, humas pada lnstansi pemerintah berperan menginformasikan semua tindakan dan kebijakan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah. Tugas humas pemerintah dibagi menjadi dua macam yaitu kedalam dan keluar. Hubungan kedalam berupa koordinator dengan badan pemerintah yang lain sedangkan hubungan keluar yaitu berhadapan dengan rakyat.

kakanwil117191

Lebih lanjut, Asep Syarifudin (Kakanwil Kemwnkjmham NTT) menjelaskan Humas juga mempunyai peran dalam membuka ruang bagi publik untuk mendapatkan akses informasi publik. Informasi yang disampaikan kepada masyarakat serta media bila tidak akurat, cepat, dan mudah dapat menyebabkan kebijakan pemerintah dianggap tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tidak lnformatif.

Humas memiliki peranan penting dalam menjalankan kegiatan media relations adalah menjalin hubungan baik dengan wartawan serta seluruh lini ataupun bagian dari lembaga pers. Humas merupakan ujung tombak dimana dari para humas inilah sebuah peristiwa akan menjadi berita yang nantinya akan dipublikasikan. Bukan hanya itu, humas juga perlu memperhatikan organisasi media dan asosiasi profesi wartawan. Organisasi organisasi semacam ini tidak boleh diabaikan keberadaanya ketika seorang humas melaksanakan program media relations.

Media dapat memberikan keuntungan bagi sebuah instansi apabila publisitas tersebut merupakan sesuatu yang positif. Pelaksanaan manajemen media tidak boleh gagal sehingga dapat menyebabkan pemberitaan yang negatif sebuah instansi terlebih instansi pemerintah. Maka dari itu menjalin hubungan baik dengan media penting untuk membentuk dan meningkatkan citra serta menjaga reputasi dimata stakeholder.

kakanwil117192

kakanwil117193

Humas di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT perlu melakukan upaya sosial kepada masyarakat. Kegiatan-kegiatan sosial yang dilaksanakan kantor wilayah hingga pada seluruh satuan kerja apabila dikelola dengan baik tentu akan berpengaruh besar pada reputasi Kementerian. Instansi dapat memberikan berita secara rutin kepada media massa mengenai kegiatan kegiatan sosial yang telah dilaksanakan atau memberikan informasi melalui situs internet sehingga memudahkan publik untuk mengakses dengan begitu transparansi antara pemerintah dengan masyarakat lebih terbuka. "Disinilah tantangan humas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi dalam memperoleh keterbukaan informasi. Humas harus merancang strategi kehumasan untuk menyampaikan lnformasi yang cepat, akurat dan aktual dengan menggunakan media komunikasi yang berbasis IT" ujar Asep menutup materi yang disampaikan.


Cetak   E-mail