KELOLA INFORMASI DAN PUBLIKASI DI MEDSOS LEBIH OPTIMAL, KANWIL NTT GELAR DISEMINASI SIMAN

Kupang_Kanwil Kemenkumham NTT pada Jumat (05/04) menyelenggarakan diseminasi Sinergi Media Sosial Aparatur Negara (SIMAN) di ruang multifungsi setempat. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut adanya program, kinerja, dan prestasi pemerintah yang harus disosialisasikan dengan masif terutama di media sosial.

Kakanwil Kemenkumham NTT; Asep Syarifudin dalam sambutannya saat membuka kegiatan diseminasi SIMAN menyampaikan bahwa untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi melalui media sosial (medsos) maka perlu peningkatan kompetensi dalam rangka mengelola dan memanfaatkan medsos. “Untuk itulah kegiatan ini dibuat. Kami berharap kegiatan SIMAN ini bisa bermanfaat dan menjadi awal untuk menyusun strategi, melakukan evaluasi, meningkatkan kinerja kehumasan dalam rangka menyampaikan konten-konten informasi secara efektif dan efisien sehingga medsos harus dikelola secara maksimal baik itu melalui twitter, facebook, instagram, youtube, maupun yang lainnya sehingga mudah dimengerti oleh masyarakat” pungkas Asep.

Dalam kegiatan diseminasi SIMAN ini, Kanwil Kemenkumham NTT mengundang narasumber dari Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, yakni : Kabag Humas, Ria Wijayanti dan Pranata Humas, Asep Wisnu.

Dalam materinya, Ria Wijayanti mengatakan bahwa dengan adanya medsos Kanwil dan satuan kerja maka dapat berinteraksi dengan followers lewat postingan yang mengundang respon/tanggapan. “Kita dapat memposting konten yang menarik, mendidik, menghibur, persuasif, bahkan dengan menggunakan bahasa daerah/jargon yang mudah dimengerti oleh masyarakat” ujarnya. Ria juga mengajak peserta agar pandai membuat konten yang kreatif sehingga informasi yang ingin disampaikan kepada masyarakat menjadi mudah dimengerti.

Lebih lanjut, Asep Wisnu mengatakan bahwa penyampaian informasi secara visual memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan teks. “Karena melalui video dan infografis, masyarakat dapat jauh lebih cepat menangkap informasi yang disampaikan. Pergunakan visual lebih banyak akan lebih menarik perhatian terlebih bagi kaum millenials yang lahir dan dibesarkan di dalam budaya sharing/berbagi lebih menarik perhatian mereka” ujarnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 (tigapuluh) peserta terdiri dari humas Kanwil Kemenkumham NTT dan agen humas UPT di Kota Kupang. (nr)

diseminasi siman kemenkumham ntt 1

diseminasi siman kemenkumham ntt 22

diseminasi siman kemenkumham ntt 2

diseminasi siman kemenkumham ntt 3

 


Cetak   E-mail