Dengan Biaya Sendiri, Puluhan Perwakilan OBH dan Paralegal Antusias Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas di Kanwil Kemenkumham NTT

photo 2019 03 21 10 04 42

Kupang - Sebanyak 65 orang perwakilan dari Organisasi Bantuan Hukum dan Paralegal yang ada di 8 Kabupaten hari ini, Kamis (21/03/19) berkumpul di aula Kanwil Kemenkumham NTT untuk mengikuti Bimbingan Teknis dalam rangka Peningkatan Kapasitas Bagi Organisasi Bantuan Hukum dan Paralegal.

Dalam sambutannya, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia Kanwil Kemenkumham NTT, Marcyana D. Djone mengatakan bahwa bimbingan teknis ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan paralegal dalam melakukan pendampingan klien.

"Tuntutan masyarakat saat ini semakin kompleks terhadap peran dan tanggung jawab pemerintah dalam upaya memberikan pendidikan hukum termasuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan paralegal dalam menghadapi kompleksitas tuntutan masyarakat tersebut," tutur Marcyana.

Lebih lanjut, Marcyana mengapresiasi kehadiran perwakilan OBH dan Paralegal yang sangat antusias pada kegiatan ini. Terbukti dari 50 orang yang diundang, peserta yang hadir mencapai 65 orang.

"Saya mengapresiasi bapak dan ibu yang sangat antusias menghadiri kegiatan ini bahkan dengan biaya sendiri datang jauh-jauh dari kabupaten menggunakan pesawat," katanya.

Marcy juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada semua pihak antara lain, NGO khususnya WVI, Rumah Perempuan, OBH-OBH, TP-PKK Provinsi NTT, P2TP2A Kabupaten Belu serta pihak-pihak lainnya yang sangat antusias merespon kerjasama dalam rangka pelaksanaan Bimbingan Teknis bagi OBH dan Paralegal saat ini.
Di akhir sambutan, Kadiv Yankumham berpesan agar seluruh peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

"Waktu sangatlah singkat, hanya satu hari, karena itu kepada seluruh peserta kiranya dapat memanfaatkan waktu yang singkat ini untuk mencapai hasil yang maksimal yaitu terciptanya paralegal yang memiliki pengetahuan yang komprehensif dan keterampilan yang memadai sehingga dalam pelaksanaan tugas-tugas pendampingan dapat memberikan pelayanan yang maksimal serta sesuai dengan tuntutan masyarakat, " tutur Marcyana

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Masan Nurpian, Kepala Sub Bidang Bantuan Hukum BPHN dan Herry F. F. Battileo, pendiri LBH Surya NTT.

photo 2019 03 21 10 05 01

 

photo 2019 03 21 10 05 08

 

 

 

 

 

Cetak