Kemenkumham NTT Rapat Bersama Wakil Gubernur NTT, IoM dan UNHCR, Bahas Masalah Pengungsi

photo 2018 09 17 13 42 46

Kupang (17/9/18) – Kakanwil Kemenkumham NTT, Yudi Kurniadi melakukan rapat bersama Wakil Gubernur NTT yang baru, Josef Nai Soi serta Perwakilan IoM dan UNHCR.

Rapat yang bertempat di ruangan kerja Wakil Gubernur NTT ini membahas tentang Pengungsi (refugee) yang ada bawah tanggung jawab Rumah Detensi Imigrasi Kupang.

Menurut Josef, keberadaan pengungsi di Rudenim dan beberapa Comunity House harus lebih diperketat pengawasannya.

Wakil Gubernur juga mengatakan bahwa pihak Pemda berencana membangun tempat yang layak dan memenuhi unsur pemenuhan HAM untuk menampung para pengungsi.

Menanggapi hal tersebut,  Kakanwil Kemenkumham berencana akan melakukan briefing kepada petugas Rudenim dan Perugas Keamanan Comunity House agar pengawasan terhadap pengungsi dapat lebih diperketat.

Menurutnya, Rudenim Kupang berencana memindahkan sebanyak 26 orang pengungsi ke tempat penampungan baru dibawah pengawasan  Rudenim Tanjung Pinang.

Kepala Rudenim Kupang, Alberth S. Fenat yang juga hadir saat pertemuan mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung apapun keputusan dari Pemerintah Daerah karena telah melalui pertimbangan yang matang.

Beliau berharap agar Rudenim kembali ke fungsi awalnya sebagai tempat penampungan sementara bagi orang asing yang melanggar undang – undang Keimigrasian.

Rapat ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Imigrasi Kupang, Herfi Adli, Para Pejabat di Rudenim Kupang dan Kepala Kesbangpol Sisilia Sona.

photo 2018 09 17 13 42 50

Cetak