Wagub NTT : Jadikan Rutan Sebagai Tempat Refleksi Demi Menuju Pribadi Yang Lebih Baik

 WhatsApp_Image_2023-03-24_at_17.26.02.jpeg

Maumere – Usai memberikan materi pada Workshop Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) di Golden Hall Hotel Go Maumere, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef Nae Soi bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT, Marciana Dominika Jone mengunjungi Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Maumere, Jumat(24/03/2023).

Kunjungan Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur bersama Kakanwil disambut langsung oleh Kepala Rutan Kelas IIB Maumere Antonius Semuki dan jajaran. Setibanya di Rutan Maumere, Wagub menyampaikan apresiasi kepada jajaran Rutan yang telah berhasil menciptakan hunian yang asri, bersih dan nyaman bagi tahanan dan warga pemasyarakatan (WBP). Kemudian dengan hangatnya, Wagub mengajak para WBP berbincang-berbincang. Beliau menyampaikan bahwa saat ini penjara telah bertransformasi menjadi lebih humanis dengan nama pemasyarakatan. 

”Tidak ada lagi Penjara, yang ada adalah Lembaga Pemasyarakatan. Semua yang ada disini diberlakukan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan dengan menjunjung nilai dan prinsip dasar HAM”, ujar Wagub.

Lebih lanjut Beliau berpesan kepada Warga Binaan untuk menjadikan hukuman yang diterima sebagai refleksi supaya menjadi pribadi yang jauh lebih baik kedepan. “Ikuti aturan yang telah ditetapkan dengan baik. Dekatkan diri dengan Tuhan dalam berbagai kegiatan pembinaan rohani serta tingkatkan kemampuan melalui pelatihan ketrampilan agar kelak keluar dari tempat ini sudah menjadi pribadi yang lebih baik dari hari kemarin dan dapat diterima kembali ditengah-tengah masyarakat,” ucap Josef.

 WhatsApp_Image_2023-03-24_at_17.26.05.jpeg

WhatsApp_Image_2023-03-24_at_17.29.31.jpeg

Senada dengan yang disampaikan Wagub, Kakanwil Marciana juga menyampaikan pesan kepada Karutan Maumere agar semua WBP harus dilayani dengan baik. ”Perhatikan persediaan makanan mereka, jika ada yang sakit segera diobati, mereka telah menjalani hukuman maka tanggung jawab kita adalah memberikan pelayanan yang baik kepada mereka”, kata Marciana. **DL

Cetak