KANWIL KEMENKUMHAM NTT IKUTI WEBINAR SDM BERAKHLAK BANGGA MELAYANI BANGSA

WhatsApp_Image_2022-08-15_at_2.06.09_PM.jpeg

Kupang - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT mengikuti kegiatan Webinar SDM Kemenkumham BerAKHLAK dengan tema Bangga Melayani Bangsa. Kakanwil Marciana Dominika Jone dan para Kepala Divisi serta seluruh pegawai mengikuti kegiatan secara virtual di ruang kerja masing-masing, Senin (15/8/2022).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala BPSDM Hukum dan HAM Asep Kurnia menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan program SDM berAKHLAK dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Indonesia dan HDKD ke 77 dengan jumlah peserta 1005 zoom group meeting dan 299 live youtube.

WhatsApp_Image_2022-08-15_at_9.24.31_AM.jpeg

WhatsApp_Image_2022-08-15_at_9.30.15_AM.jpeg

Adanya kegiatan ini Asep Kurnia berharap mampu menghadirkan pelayanan prima, dan menumbuhkan rasa bangga menjadi ASN yang berAKHLAK sesuai Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2021 tentang Impelemntasi Core Value dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara.

Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo saat peluncuran Core Values "BerAKHLAK" dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) "Bangga Melayani Bangsa" menegaskan bahwa setiap ASN dimanapun bertugas seharusnya memegang teguh nilai-nilai dasar serta semboyan yang sama.

Selanjutnya disampaikan materi oleh beberapa narasumber. Pertama yaitu Deputi Bidang SDM KemenpanRB Alex Denni menyampaikan terkait instrumen budaya kerja. "Membuat mindset bahwa ASN akan langgeng kalau kinerja dan perilakunya bagus, tentu didukung melalui perubahan sistem dengan transformasi birokrasi yaitu transformasi organisasi, SDMA, dan sistem kinerjanya," ucap Alex Denni.

WhatsApp_Image_2022-08-15_at_2.11.12_PM.jpeg

Ia menjelaskan dari hasil survey yang telah dilakukan terkuak bahwa ada 1/8 dari ASN baru yang ternyata memilih menjadi ASN karena berpikir bahwa menjadi ASN adalah mengamankan masa depan. Hal ini yang harus di hindari bahwa menjadi ASN haruslah didasari rasa ingin mengabdi kepada bangsa dan bangga melayani bangsa.

Narasumber ke dua yaitu Inspektur Jenderal Kemenkumham Razilu menyampaikan terkait Kemenkumham berAKHLAK dan berintegritas. Razilu mengingatkan bahwa bukan hanya berorientasi pada salah satu Core Values berAKHLAK namun seluruhnya. Mengimplementasi dalam bekerja, memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, serta melakukan perbaikan-perbaikan tidak henti.

WhatsApp_Image_2022-08-15_at_2.09.33_PM.jpeg

Dirinya juga menyinggung kualitas integritas Kemenkumham yang sudah lebih baik dari penegak hukum yang lain. "Terkait Zona Integritas yang dikehendaki bukan hanya membangun Zona Integritas dalam secarik kertas, namun membangun dalam kenyataan yang benar, terus berproses walau tidak lulus secara penilaian TPI," ujarnya.

Selain itu, Ia meningatkan bahwa insan ASN harus merdeka, merdeka dari belenggu hawa nafsu dan merdeka dari keserakahan harta kekuasaan. Razilu juga mengajak untuk bersyukur, bangga dan setia menjadi ASN dengan cara berkontribusi positif disetiap keadaan, serta menyumbang berbagai prestasi.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan narasumber terakhir yang disampaikan oleh Managing Director dari CAPSTONE Asia Servitama Eloy Zalukhu dengan membahas tentang membangun karakter berAKHLAK SDM Kemenkumham.

WhatsApp_Image_2022-08-15_at_2.10.03_PM.jpeg

WhatsApp_Image_2022-08-15_at_2.41.28_PM.jpeg

WhatsApp_Image_2022-08-15_at_2.41.28_PM_1.jpeg


Cetak   E-mail