Jajaran Lapas Lembata laksanakan Upacara Peringatan Hari kebangkitan Nasional Ke-114 Tahun 2022

WhatsApp Image 2022 05 20 at 9.54.52 AM 1

WhatsApp Image 2022 05 20 at 9.54.52 AM 2

Lewoleba - Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan. Didirikan oleh Dr. Sutomo beserta para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) pada tahun 1908.

Boedi Oetomo lahir untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Organisasi yang menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan.

Tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang tercetus dalam kongres pertamanya ialah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan. Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia. Kelahiran Boedi Oetomo mempelopori terciptanya organisasi pergerakan di masa selanjutnya seperti Indische Partij, Perhimpunan Indonesia dan Muhammadiyah.

Hari ini tepat tanggal 20 Mei 2022, genap berusia 144 tahun hari ditetapkannya Kebangkitan Nasional. Dengan mengambil tema “Ayo Bangkit Bersama” seluruh jajaran dibawa pimpinan Menteri Hukum dan Ham RI, Bapak Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D. laksanakan Upacara Peringatan Hari kebangkitan Nasional Ke-114 Tahun 2022 tak terkecuali Lembaga Pemasyarakatan kelas III Lembata melaksanakan.
Bertempat di halaman Kantor Lapas, Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Lembaga pemasyarakatan kelas III Lembata, Bapak A. Wisnu Saputro dan diikuti oleh jajaran petugas.

Dalam pelaksanaan Upacara yang berlangsung dilakukan Pengibaran Bendera Merah Putih, Pembacaan Teks Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Pembacaan teks Panca Prasetya Korps Pegawai Republik Indonesia yang juga diikuti oleh seluruh peserta Upacara serta pembacaan sambutan menteri Komunikasi dan Informatika RI oleh Kepala Lembaga Pelasyarakatan Kelas III Lembata. Dalam sambutan yang dibacakan adapun beberapa poin penting yang disampaikan diantaranya mengajak seluruh masyarakat agar semangat Boedi Utomo terus tertanam didalam pribadi masing-masing untuk dikontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini, ditengah krisis pandemi Covid-19 yang masih berlangsung dan di tengah konflik Rusia – Ukraina menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil.

“Hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat”

WhatsApp Image 2022 05 20 at 9.54.50 AM

WhatsApp Image 2022 05 20 at 9.54.51 AM


Cetak   E-mail