Tingginya Angka Penularan Covid-19 di Sumba Timur, Kalapas Waingapu Beri Stimulus kepada WBP

IMG 20220219 WA0003

Waingapu, (19/02/2022) - Dengan masuknya Varian baru Covid-19 (Omicron) di Indonesia dan tingginya angka masyarakat yang terpapar/terjangkit Covid-19 di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, maka Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Waingapu, M. Hanafi terus memberikan stimulus kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berupa Vitamin C dosis tinggi guna memperkuat daya tahan tubuh WBP. Ini di lakukan sebagai bentuk respon Lapas Waingapu terhadap arahan dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone.

Vitamin C dosis tinggi ini di berikan dengan tetap memperhatikan kondisi fisik dan kesehatan WBP, oleh karena nya sebelum diberikan Vitamin dilakukan Screening terlebih dahulu oleh Perawat Lapas Waingapu, Soleman Ngunjurawa Amd. Keb. Kegiatan ini dilakukan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan. "Jika sistem imun dibuat terlalu peka, maka yang timbul adalah reaksi autoimun. Sebaliknya, jika kurang peka maka seseorang akan lebih gampang tertular penyakit,” tegas Eman.

IMG 20220219 WA0006

Hanafi menjelaskan, pemberian vitamin  merupakan salah satu upaya preventif Lapas Waingapu guna mencegah penyebaran Virus Corona Varian Omicron. "Dengan pemberian Vitamin makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup, diharapkan WBP mempunyai daya tahan tubuh yang baik guna menangkal serangan virus corona yang sedang mawabah di Sumba Timur,” ujarnya.

Selain memberikan vitamin, pihak Lapas Waingapu juga melakukan langkah-langkah pencegahan lainnya, seperti pemberian peralatan mandi untuk WBP, pembuatan wastafel dan ketersediaan sabun cuci tangan di blok hunian, serta melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala.

Sebisa mungkin pihaknya meminimalisir potensi masuknya virus ke dalam Lapas, karena seperti yang kita tau bersama penyebaran covid varian omicron ini sangat cepat. "Berbagai upaya akan kami lakukan, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati," pungkas Hanafi.

Tindak preventif lainnya, petugas medis Lapas juga menghimbau para WBP agar terus menjalankan pola hidup sehat untuk mencegah penularan virus Covid-19 varian Omicron.

IMG 20220219 WA0007


Cetak   E-mail