RUTAN KUPANG LAKUKAN SWAB TEST TAHAP II BAGI SELURUH PETUGAS DAN WBP

IMG 20210122 WA0011

IMG 20210122 WA0010

Kupang, (22/02/21)_Seiring dengan meningkatnya angka penularan Covid-19 di Kota Kupang, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kupang kembali mengadakan swab test PCR bagi 75 orang petugas dan 94 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Swab test ini merupakan kali kedua bagi seluruh petugas Rutan Kupang yang sebelumnya pernah dilakukan pada tanggal 16 Desember tahun 2020. Sedangkan total isi WBP dalam Rutan berjumlah 259 orang, yang telah di swab test pada tanggal 19 Desember kemarin berjumlah 165 orang dan sisanya 94 orang dilakukan swab pada hari ini. Dalam kegiatan ini, pihak yang mengambil sampel adalah Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarakat (Biokesmas) Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Menanggapi hal ini, Mohamad Rizal Fuadi atau Rizal selaku Kepala Rutan Kelas IIB Kupang mengatakan bahwa ini merupakan tindakan yang diambil oleh pihak Rutan Kupang sebagai upaya deteksi dini dalam pencegahan penularan Covid-19 di area Rutan Kupang. "Ini merupakan tindakan yang kami ambil untuk mencegah penularan Covid-19 di area Rutan Kupang dan memastikan baik seluruh petugas maupun WBP aman dari Covid-19," ujar Rizal.

Rizal menyampaikan bahwa apabila terdapat WBP yang reaktif maka akan dilakukan tindakan isolasi mandiri pada kamar khusus yang telah di sediakan. "Untuk sarana penunjang yang telah kami siapkan bagi WBP yang terindikasi reaktif Covid yaitu telah kami sediakan kamar khusus isolasi mandiri dan akan kami lengkapi dengan pembagian beberapa vitamin untuk menambah daya tahan tubuh," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rizal juga menyampaikan bahwa terhitung hari ini sampai pada batas waktu yang belum ditentukan, Rutan Kupang menutup akses untuk penitipan barang dari keluarga untuk seluruh WBP. "Jadi terhitung hari ini Rutan Kupang menutup akses untuk penitipan barang bagi WBP sampai pada batas waktu yang belum di tentukan," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rizal berpesa  agar seluruh Petugas dan WBP Rutan Kupang tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari seperti menjaga jarak, mencuci tangan, serta memakai masker.

IMG 20210122 WA0012


Cetak   E-mail