PETUGAS LPKA KUPANG SAMBANGI OMBUDSMAN KANTOR PERWAKILAN NTT, DINAS P3A NTT DAN PKBI NTT TERKAIT PELAYANAN PUBLIK

WhatsApp Image 2020 09 26 at 14.58.36

 

WhatsApp Image 2020 09 26 at 14.58.36 2

 

WhatsApp Image 2020 09 26 at 14.58.36 1

Kupang,- Dalam rangka penguatan Zona Integristas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi, petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Kupang yang terdiri dari 5 pejabat struktural dan 2 staf dibawah pimpinan Abusalim Senin, selaku Kepala Seksi Pembinaan pada LPKA Kupang melaksanakan kunjungan ke Ombudsman Republik Indonesia Kantor Perwakilan Nusa Tenggara Timur, Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Nusa Tenggara Timur serta Kantor Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia Daerah Nusa Tenggara Timur pada Sabtu (26/09). Maksud dari kunjungan tersebut, yakni meminta tanggapan dari ketiga pihak tersebut terkait pelayanan publik yang telah dilaksanakan di LPKA Klas I Kupang.

Pada pukul 10.00 Wita, rombongan merapat ke Ombudsman R.I Kantor Perwakilan NTT. Kedatangan rombongan diterima langsung Kepala Ombudsman R.I Perwakilan NTT, Darius Beda Daton. Pada kesempatan ini, Abusalim menyampaikan tujuan kedatangan tim, yaitu bersilaturahmi dan mendengarkan tanggapan Ombudsman selaku lembaga negara yg berwenang mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik terkait pelayanan yg dilaksanakan LPKA Kupang dimata masyarakat. Menurut Darius Beda Daton bahwa sampai detik ini belum adanya laporan atau pengadauan dari pihak luar, baik masyarakat, instansi pemerintah dan lain-lain mengenai pelayanan LPKA Klas I Kupang. Beliau juga mengupayakan secepatnya untuk meninjau langsung pelayanan yang ada di LPKA Kupang.

Setelah berbincang dan berdiskusi selama kurang lebih 1 jam, rombongan pun bertolak ke Dinas P3A Provinsi NTT di kantor Gubernur. Rombongan diterima langsung oleh Plt. Kadis DP3A, Thelma Bana dan Kepala Seksi Pemenuhan Hak Anak, Yanti Salata. Bertempat di ruang kerja Plt, rombongan dan pihak DP3A berbincang-bincang terkait pelayanan LPKA Kupang serta membahas rencana program kegiatan kedepan yg dapat dilaksanakan bersama LPKA Kupang. "Pihak kami bersedia dan selalu siap berkolaborasi bersama untuk kegiatan-kegiatan ke depan," ungkap Abusalim. Dinas P3A NTT pun belum mendapatkan adanya pengaduan mengenai pelayanan LPKA Kupang. Sejauh ini menurut pengamatan mereka, LPKA Kupang telah memberikan hak-hak, bimbingan dan bekal keterampilan kepada anak-anak yang menjalani masa pidananya.

Pada pukul 13.00 Wita, rombongan melanjutkan  ke kantor PKBI NTT dan diterima langsung oleh Direktur Eksekutif PKBI NTT , Maudy Taopan diruang kerjanya. Dalam diskusi kali ini, Maudy bersama rombongan membahas tentang pelayanan yang telah diberikan oleh LPKA Kupang kepada para stakeholder, salah satunya PKBI NTT. "Kami berterimakasih kepada pihak LPKA Kupang yang selama ini telah memberikan pelayanan terbaik buat kami. Kami dapat melaksanakan kegiatan apa saja dan siap dibantu oleh petugas LPKA Kupang," ungkap Maudy.

Tommi Hendri, Kepala LPKA Kupang saat ditemui di tempat terpisah berterimakasih kepada pihak Ombudsman Provinsi NTT, Dinas P3A Provinsi NTT dan PKBI NTT yang telah menyambut maksud baik kedatangan anggotanya. Beliau juga bertekad untuk ke depannya pelayanan di LPKA Kupang akan semakin baik. "Terimakasih kepada pihak Ombudsman, pihak P3A dan PKBI NTT yang mau menerima kedatangan anggota saya. Kami siap meningkatkan pelayanan kami ke arah yang semakin baik," tandas Tommi.


Cetak   E-mail