Kunjungan Dihentikan Sementara, Lapas Waingapu Gunakan Google Duo untuk WBP

IMG 20200324 WA0009

IMG 20200324 WA0004

Waingapu_(24/03/2020) Menyikapi pandemi global wabah Corona Virus Desease 2019 atau COVID-19, Lapas Waingapu mengambil kebijakan melalui intruksi Kalapas tentang upaya-upaya pencegahan masuknya virus Covid19 ke dalam Lapas.

Instruksi tersebut diantaranya dengan menyiapkan sarana cuci tangan di tempat keluar masuk tamu, ruang kantor dan blok hunian WBP,  juga menghentikan sementara waktu kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan luar, seperti kegiatan bimbingan keagamaan dari luar, asimilasi diluar lapas, pelayanan kunjungan dan kegiatan-kegiatan lain yang bersinggungan dengan pihak luar.
Kebijakan ini diambil untuk memutus rantai penularan virus dari luar kedalam Lapas sebab sangat rentannya seluruh WBP dan Pegawai tertular apabila virus tersebut masuk.
Terkait dengan adanya penghentian layanan kunjungan untuk sementara waktu, Lapas Waingapu telah menyiapkan alternatif pengganti berupa komunikasi audio visual berbasis online menggunakan aplikasi Google Duo.

IMG 20200324 WA0007 Dengan adanya alternatif ini, WBP dan keluarganya yang tidak dapat bertemu secara langsung untuk sementara waktu karena pembatasan layanan kunjungan, dapat memanfaatkan layanan Google Duo tersebut sebagai media untuk saling bertukar kabar. Sejalan dengan instruksi pemerintah untuk tetap dirumah dan menghindari keramaian (social distancing), keluarga penghuni pun tidak akan merasa khawatir karena tetap bisa berkomunikasi dan melepas rindu. Alternatif ini juga telah digunakan oleh beberapa WBP, terutama bagi mereka yang keluarganya berada jauh diluar daerah dan selama ini belum pernah mendapatkan kunjungan sama sekali, hal itu dirasakan sangat membantu mereka.

Diharapkan dengan terobosan ini, Lapas Waingapu tetap dapat memberikan pelayanan terbaik bagi WBP maupun keluarganya di tengah keterbatasan terutama pandemi global wabah COVID-19. Kontributor : Humas Lapas Waingapu

IMG 20200324 WA0010

IMG 20200324 WA0008 

Cetak