Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Pencarian Data

IMG 20191202 WA0016

IMG 20191202 WA0017

IMG 20191202 WA0013

IMG 20191202 WA0014

IMG 20191202 WA0015

IMG 20191202 WA0010

IMG 20191202 WA0012

IMG 20191202 WA0007

Info Kanim Kupang_Minggu (01/12/2019) Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang kembali bekerja sama dengan Transmart Carrefour Kupang mengadakan Event “IMMIGRATION ON STAGE”. Event tersebut merupakan lanjutan dari kesuksesan kegiatan sosialisasi keimigrasian di Transmart Kupang pada awal November 2019 lalu. Event “IMMIGRATION ON STAGE” merupakan rangkaian kegiatan sosialisasi keimigrasian yang dikemas dalam bentuk Talk Show serta event Photo dan Fashion Show Competition. Event photo competition dengan tema "Travelling" sendiri bertujuan agar masyarakat mengenal lebih dekat dengan paspor yang merupakan dokumen yang harus dimiliki ketika akan berwisata ke luar negeri. Khusus untuk Kompetisi Fashion show ditujukan kepada putra putri dengan batas usia maksimal 14 tahun. Fashion show ini merupakan ajang penyaluran kreativitas di bidang fashion sekaligus sebagai sarana agar masyarakat familiar dengan dokumen keimigrasian, khususnya paspor. Hal tersebut dikarenakan salah satu penambah nilai adalah dengan berpose menggunakan paspor. Hadir sebagai dewan juri adalah Ibu Kakanwil Kemenkumham NTT, Netty Asep Syarifudin, Putri Pariwisata NTT 2018 serta Perwakilan GM Transmart Kupang.

Setelah selesai dengan lomba fashion show, dilanjutkan dengan Talkshow Keimigrasian. Kegiatan Talkshow tersebut membahas seputar dunia keimigrasian di Indonesia secara umum seperti beda paspor dan visa, kemudian persyaratan pengurusan paspornya yang benar dan izin tinggal dan hal teknis lain tentang paspor. Sebagai narasumber dari Kanim Kupang adalah Kepala Bidang Izin Tinggal dan Status Keimigrasian Kanwil Kemenkumham NTT, Rachmat, S.E. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, I.G.Nyoman R Taufiq, S.H.,M.H. serta Kepala Seksi Teknologi dan Komunikasi Keimigrasian, Dendy Surya Agung, S.E. Masyarakat yang ingin mengetahui hal ihwal tentang keimigrasian diberikan kesempatan mengajukan pertanyaan dan langsung dijawab oleh ketiga narasumber tersebut. Pertanyaan dari masyarakat diantaranya terkait bagaimana mengurus perjalanan ke negara Eropa dan Amerika, umur pembuat paspor, prosedur penggantian paspor hilang, kemudian ada lagi terkait keberadaan pengungsi asal Afganistan di Kota Kupang yang kemudian dijawab secara khusus oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham NTT Erwin Wantania S.H. yang juga menghadiri Event "Immigration on Stage" .

Bangun Pribadi selaku perwakilan GM Transmart Kupang menjelaskan "Animo masyarakat terhadap pusat perbelanjaan modern di Kupang cukup tinggi sehingga menjadikan Tranmart Kupang sebagai pilihan yang tepat untuk melaksanakan kegiatan penyebaran Informasi keimigrasian khususnya untuk generasi milenial".
Acara terakhir dari rangkaian Event “IMMIGRATION ON STAGE” adalah pengumuman pemenang event Photo dan Fashion Show Competition kemudian penyerahan piala serta hadiah kepada peserta yang memenangkan kompetisi tersebut. I.G. Nyoman selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang menuturkan bahwa Event “IMMIGRATION ON STAGE” ini bertujuan untuk mendekatkan diri Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang dengan masyarakat, sehingga masyarakat akan terpicu untuk mencari tahu hal ikhwal tentang paspor dan produk imigrasi lainnya serta diharapkan juga masyarakat dapat membantu kami dalam hal pengawasan dan penegakan hukum Keimigrasian".

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang sebagai Unit Pelaksana Teknis dibawah Kementerian Hukum dan HAM dan penyelenggara pelayanan publik di bidang keimigrasian ingin memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat sesuai asas penyelenggaran pelayanan publik diantaranya asas keterbukaan serta tata nilai Kemenkumham salah satunya yaitu Transparan