Asah Keterampilan Beternak Warga Binaan , Lapas Lembata Laksanakan Pelatihan Ternak Babi

WhatsApp Image 2022 07 01 at 6.45.42 PM

Sebanyak 37 orang warga binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Lembata, mengikuti kegiatan pembinaan kemandirian dan keterampilan pelatihan peternakan Babi di Aula Kapela Lapas Kelas III Lembata, Jumat (01/07). Kegiatan ini atas kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lembata.

Lembaga Pemasyarakatan merupakan Wadah Pembinaan Narapidana juga berfungsi sebagai sebuah Lembaga Pendidikan yang dapat meningkatkan nilai tambah bagi Narapidana dengan memberikan Program Pembinaan Kemandirian, berupa pelatihan keterampilan sebagai suatu bekal bagi Warga Binaan untuk kembali ke masyarakat.

Hal itu sebagaimana Pasal 1 butir (3) UU No. 12 Tahun 1995, Tentang Pemasyarakatan, yang dimaksud dengan Lembaga Pemasyarakatan yang selanjutnya disebut Lembaga Pemasyarakatan adalah tempat untuk melaksanakan Pembinaan Narapidana atau Anak Didik Pemasyarakatan.

Dan selanjutnya pada Pasal 3 disebutkan bahwa Sistem Pemasyarakatan berfungsi menyiapkan Warga Binaan Pemasyarakatan agar dapat berintegrasi secara sehat dengan masyarakat umum, sehingga dapat berperan kembali sebagai anggota masyarakat yang bebas, serta bertanggung jawab.

kegiatan Pembinaan Kemandirian dan Keterampilan Pelatihan Peternakan Babi ini menghadirkan 4 orang narasumber dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lembata yang terdiri dari 1 orang koordinator, 2 orang dokter hewan dan 1 petugas teknis lapangan, yang didampingi oleh Kepala Lapas Kelas III Lembata dalam hal ini diwakili oleh Kasubsi Pembinaan Bapak Yesriel K. I. Bana beserta 3 orang staf, bersama Warga Binaan sebagai Peserta Pelatihan dimaksud.

Membuka acara ini, Kasubsi Pembinaan Yesriel K. I. Bana mengatakan bahwa, program pembinaan kemandirian dan keterampilan ini merupakan salah satu Program Kerja Lapas Kelas III Lembata, khususnya dari Seksi Pembinaan untuk membina dan melatih Warga Binaan Lapas Lembata agar dapat memiliki kemampuan dan keterampilan dalam beternak khususnya pada Peternakan Babi.

Harapannya semoga kegiatan pelatihan keterampilan ini menjadi suatu bekal bagi Warga Binaan saat kembali ke masyarakat. Sehingga Warga binaan dapat berintegrasi secara sehat di masyarakat, meningkatkan keterampilan, dan mengembangkan kemampuan individunya agar dapat menciptakan ekonomi mandiri ditengah masyarakat.

Menutup kegiatan ini Kasubsi pembinaan Yesriel K. I. Bana menyampaikan Ucapan terima kasih kepada stekholder dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lembata yang telah memberikan ilmu dan materi yang sangat bermanfaat bagi Warga Binaan yang ada di Lapas Lembata, beliau berharap semoga kerja sama ini dapat terus berjalan dengan baik guna mendukung pembinaan bagi warga binaan yang ada di Lapas Lembata ini.

WhatsApp Image 2022 07 01 at 6.45.43 PM

WhatsApp Image 2022 07 01 at 6.45.44 PM

Cetak