Persiapan Layanan Kunjungan Tatap Muka, Rutan Maumere Ikuti Sosialisasi Mekanisme Layanan Kunjungan Tatap Muka dan Pembinaan Yang Melibatkan Pihak Luar Secara Virtual

WhatsApp_Image_2022-07-01_at_13.10.17.jpeg

Maumere – Rutan Kelas IIB Maumere mengikuti Sosialisasi Penyesuaian Tentang Mekanisme Terhadap Layanan Kunjungan Secara Tatap Muka dan Pembinaan Yang Melibatkan Pihak Luar secara virtual, Jumat (01/07).

Perkembangan pandemi Covid-19 yang menunjukan tren menurun maka Dirjen Pemasyarakatan mengambil langkah untuk penyesuaian mekanisme terhadap layanan kunjungan secara tatap muka dan kegiatan pembinaan di lapas/rutan/LPKA sebagai upaya mewujudkan penyelenggaraan “Pemasyarakatan Maju”, maka dalam arahannya, Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Ahli Utama, Junaidi menjelaskan tentang surat edaran penyusunan mekanisme layanan kunjungan diatas dimana dalam surat edaran yang dikeluarkan berlaku terbatas dalam penerapannya dengan memperhatikan situasi keamanan, ketertiban dan Kesehatan.

Penyelenggaraan layanan dengan ketentuan pengunjung antaralain, pengunjung merupakan keluarga inti dari warga binaan, Penasihat Hukum yang dibuktikan dengan surat kuasa, pengunjung sudah menerima vaksin ketiga yang dibuktikan dengan aplikasi Peduli Lindungi, jika belum menerima vaksin dosis ketiga maka harus menunjukan hasil rapid tes negativ, kunjungan dilayani satu kali dalam seminggu bagi masing-masing WBP. Bagi WBP yang belum menerima vaksin dosis lengkap atau yang belum memenuhi syarat tetap melaksanakan kunjungan secara virtual.

WhatsApp_Image_2022-07-01_at_13.10.18.jpeg

Selanjutnya, untuk kegiatan pembinaan yang melibatkan pihak luar dijelaskan bahwa mitra/stackeholder telah menerima vaksin dosis ketiga, jika belum maka dibuktikan dengan menunjukan hasil rapid tes negativ, bagi WBP yang belum divaksin lengkap maka pembinaannya dilaksanakan di dalam rutan, dan kegitaan pembinaannya maksimal tiga kali dalam seminggu dengan tetap memperhatikan situasi kamtib dan Kesehatan warga binaan.

“Layanan tatap muka dan pembinaan yang melibatkan pihak luar ini tetap mempertimbangkan kemanan dan ketertiban serta penerapan protokol Kesehatan serta keselamatan warga binaan”, ungkap Junaidi.

Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan mulai pada Senin, 4 Juli 2022. Diharapkan setiap UPT didaerah agar melakukan koordinasi dengan satgas covid setempat jika terjadi penularan kepada warga binaan. Nantinya pelaksanaan ini akan dilaporkan dan evaluasi secara berkala kepada Dirjen Pemasyarakatan melalui Kantor Wilayah.

WhatsApp_Image_2022-07-01_at_13.10.17_1.jpeg 

Karutan Maumere, Antonius Semuki mengatakan pihaknya akan mempersiapkan secara baik hal-hal terkait dengan kunjungan tatap muka ini sesuai surat edaran dan aturan yang berlaku didalam rutan dengan tetap memperhatikan situasi keamanan, ketertiban, Kesehatan dan keselamatan warga binaan.


Cetak   E-mail