SMP PELAYANAN KHUSUS LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KLAS IIA KUPANG MEMULAI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

kasus  kasus2

kasus3  kasus4

    Hari Senin tanggal 01 Agustus 2011 Lembaga Pemasyarakatan Anak Klas IIA Kupang, memulai babak baru dalam rangka melaksanakan salah satu tugas pokok dan fungsinya, yaitu memberikan bimbingan pelatihan dan pendidikan bagi Anak Didik Pemasyarakatan yang menjalani hukumannya, yaitu dengan dimulainya operasional belajar mengajar pada SMP Pelayanan Khusus Lembaga Pemasyarakatan Anak Klas IIA Kupang.

    Sejarah berdirinya SMP Pelayanan Khusus di Lembaga Pemasyarakatan Anak Klas IIA Kupang, yang boleh jadi merupakan yang pertama di Lapas Anak di Indonesia diawali dengan ditanda tanganinya MoU antara Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI dengan Kementerian Pendidikan Nasional yang ditindak lanjuti dengan di buatnya MoU antara Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM dan Yayasan Pendidikan Tiften Nomor : W17.276.HK.000.00.2011.

    Dengan adanya MoU tersebut Kalapas menindak lanjuti dengan melakukan koordinasi instensif dengan Dinas PPO, Yayasan Tiften dan SMPN 11 Kupang, untuk merintis dibukanya SMP Pelayanan Khusus Lembaga Pemasyarakatan Anak Klas IIA Kupang.

Setelah melalui persiapan yang cukup panjang diawali dengan pembangunan ruang kelas sebanyak 3 lokal lengkap dengan meja kursi belajar yang diperoleh melalui APBN 2010. Sistem menyiapkan persyaratan lainnya seperti tenaga guru, kurikulum dan sebagainya, maka tanggal 01 Agustus 2011 proses belajar mengajar dimulai dengan ijin operasional Nomor : 422 / 683 / PPO / 2011.

    Adapun tenaga pengajar (guru) yaitu berasal dari SMPN 11 ditambah dari dinas PPO dan petugas Lapas Anak yang berpotensi dengan jumlah Anak Didik.

Klas 7 : 8 orang

Klas 8 : 9 orang

Klas 9 : 3 orang

    Adapun susunan organisasi SMP Pelayanan Khusus dengan :

Penasehat :

1. Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur

2. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahrga Propinsi Nusa Tenggara Timur

3. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Kupang

4. Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur

Penanggung Jawab :

1. Kalapas Anak Klas IIA KUpang

2. Ketua Yayasan Titfen

BANNER SELEKSI DITJENPAS kanwil