Mengenal Perbedaan melalui International Food Festival

Rudenim kupang kompak international food festival

Mengenal Perbedaan melalui International Food Festival Keanekaragaman sangat melekat dengan kehidupan manusia, hal ini tidak dapat dipungkiri karena manusia hidup dengan tradisi, agama, suku, ras dan berbagai latar belakang yang berbeda. Mengenal perbedaan banyak cara dilakukan oleh banyak orang akan tetapi hal yang dilakukan oleh Kelompok orang muda lintas agama yang lebih dikenal dengan sebutan Komunitas Peace Maker Kupang (KOMPAK), Pemuda Kelurahan Oesapa Selatan, IOM dan Rudenim Kupang melaksanakan kegiatan Meet and Greet (international food festival) yang dilaksanakan Senin, 22/05/2017 di lapangan olahraga Rudenim Kupang.

 
Kepala Seksi Perawatan dan Kesehatan Indahwati mengatakan bahwa kegiatan Meet and Greet (international food festival) ini sesuai dengan jadwal 22/05/2017 yang ditetapkan dan dilaksanakan atas kerjasama antara KOMPAK, Pemuda Kelurahan Oesapa Selatan, Rudenim Kupang yang di fasilitasi oleh IOM Kupang. Lebih lanjut lagi indahwati menjelaskan bahwa jumlah peserta dibagi dalam beberapa group antara lain, deteni asal Iran, Pakistan, Afganistan, Ethiopia dan peserta dari lokal yaitu pemuda Kelurahan Oesapa Selatan dan KOMPAK. Kegiatan ini bertujuan untuk  menjalin keakraban antara deteni dengan pemuda Oesapa Selatan, KOMPAK dan Rudenim Kupang . Hal yang sama juga disampaikan oleh Ningsi Bung Ketua Bidang organisasi KOMPAK bahwa dalam kegiatan ini kita saling berbagi ciri khas tradisi kuliner masing-masing negara dan juga membangun keharmonisan dan hubungan yang erat antara semua elemen yang terlibat dalam kegiatan Meet and Greet (international food festival) ini.
 
Dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini  Kepala Rumah Detensi Imigrasi Kupang Effendi Saragih menyampaikan bahwa kegiatan Meet and Greet (international food festival) ini tujuannya adalah mendekatkan mereka (deteni) ke masyarakat lokal khususnya masyarakat Oesapa Selatan dan kedepannya kegiatan ini akan kita laksanakan diluar bersama masyarakat Oesapa Selatan lebih lanjut lagi Karudenim menyampaikan terima kasih kepada UNHCR, dan IOM yang sudah memfasilitasi serta Pemerintah Daerah (Kelurahan Oesapa Selatan), KOMPAK dan deteni yang telah berpartisipasi.
 
Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Sub bidang Inteldakim Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham NTT Bansawan, Perwakilan UNHCR, IOM serta Sekretaris Kelurahan Oesapa Selatan Had bersama staf.  Dalam sambutan Grace Kana Dahi dari IOM Kupang Menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Lebih lanjut lagi Grace menyampaikan beberapa program yang telah di canangkan sebelumnya guna untuk mempromosikan toleransi diantara para deteni dengan tujuan meningkatkan keakraban dan kesadaran mereka (deteni) tentang pentingnya menjaga toleransi didalam perbedaan dan diharapkan mereka (deteni) tetap menjaga keharmonisan dimanapun mereka berada baik dalam komunitas mereka maupun dengan masyarakat lokal ujar Grace.
 
Terkait kegiatan ini, Sekretaris Kelurahan  Had mewakili Lurah Oesapa Selatan menyampaikan terima kasih kepada IOM, KOMPAK dan Rudenim Kupang karna selalu melibatkan pihak kelurahan dalam berbagai acara yang dilaksanakan di Rudenim Kupang.
 
1rudenim kupang kompak international food festival
 
rudenim kupang kompak 2
 
Acara diakhiri dengan pemberian piagam penghargaan oleh KOMPAK yang diwakili oleh Karudenim Kupang, IOM, UNHCR, dan Pemerintah Daerah (kelurahan oesapa selatan) kepada masing-masing kelompok peserta Meet and Greet (international food festival) sebagai tanda apresiasi dari Rudenim Kupang dan KOMPAK kepada Peserta (Kontributor: agape_selly)

Cetak   E-mail